Brand Ambassador Adalah : Peranan dan Manfaat Brand Ambassador

Posted on

Adalah.Co.Id – Brand ambassador atau duta merek adalah individu atau kelompok yang ditunjuk sebagai ikon atau identitas untuk mewakili produk tertentu sebagai representasi citra terbaik dari suatu produk, sehingga konsumen dapat tertarik dan diundang untuk membeli atau menggunakan produk dengan keahlian dan daya tarik.

Penunjukkan brand ambassador biasanya diwakili oleh sosok selebriti atau atlet yang menjadi panutan idola dari masyarakat luas. Duta merek adalah identitas di mana mereka bertindak sebagai alat pemasaran yang mewakili pencapaian individualisme, kemenangan manusia dan komersialisasi dan komersialisasi suatu produk.

Penggunaan brand ambassador dilakukan oleh perusahaan untuk memengaruhi atau mengajak konsumen. Ini bertujuan untuk menarik minat konsumen dalam menggunakan produk, terutama karena pemilihan duta merek biasanya didasarkan pada citra seseorang.

Brand Ambassador adalah istilah pemasaran untuk seseorang atau kelompok yang ditugaskan oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk mempromosikan merek dalam bentuk produk atau jasa.

Pengertian brand ambassador adalah individu atau kelompok yang ditunjuk sebagai ikon atau identitas untuk mewakili produk tertentu sebagai representasi citra terbaik dari suatu produk sehingga konsumen dapat tertarik dan didorong untuk membeli atau menggunakan produk dengan keahlian, keahlian, dan daya tarik.

Dengan kata lain, pengertian brand ambassador adalah individu atau kelompok yang memliki kepopuleran, keahlian, daya tarik, dan kekuatan untuk menyebarkan pesan atau mewakili produk atau layanan untuk melibatkan konsumen.

Brand-Ambassador-Adalah
Contoh Brand Ambassador Shopee

Brand ambassador harus menyadari identitas perusahaan dalam penampilan, sikap, nilai-nilai dan etika. Elemen kunci dari Brand ambassador adalah kemampuan mereka untuk menggunakan strategi periklanan yang memberdayakan pelanggan dan mendorong khalayak untuk membeli lebih banyak produk.

Pengertian Brand Ambassador Menurut Para Ahli

  1. Menurut Gita dan Setyorini (2016), brand ambassador adalah ikon budaya atau identitas di mana mereka bertindak sebagai alat pemasaran yang mewakili pencapaian individualisme, ketenaran manusia, dan pemasaran dan pemasaran suatu produk.
  2. Menurut Doucett (2008), brand ambassador adalah seseorang yang memiliki hasrat untuk merek tersebut ingin memperkenalkannya, dan bahkan secara sukarela memberikan informasi tentang merek tersebut.
  3. Menurut Lea Greenwood (2012), brand ambassador adalah alat yang digunakan oleh perusahaan untuk mengkomunikasi dan terlibat dengan publik dengan harapan dapat meningkatkan penjualan.
  4. Menurut Royan (2004), brand ambassador adalah seseorang yang dipercaya untuk mewakili produk tertentu. Duta merek digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi konsumen atau mengundang mereka untuk menggunakan suatu produk. Pemilihan duta merek biasanya adalah selebriti terkenal.

Karakteristik Brand Ambassador

Menurut Lea Greenwood (2012), terdapat beberapa karakteristik yang perlu diperhatikan dalam menentukan brand ambassador, yaitu sebagai berikut:

  1. Transparansi adalah ketika seorang selebriti mendukung merek yang terkait dengan profesi mereka.
  2. Kesesuaian, adalah konsep kunci pada Brand ambassador memastikan bahwa merek dan selebriti cocok.
  3. Kredibilitas, adalah tingkatan dimana konsumen melihat bahwa sumber (ambassador) memiliki keahlian atau pengalaman yang relevan dan sumber dapat dipercaya untuk memberikan informasi yang objektif dan tidak biasa.
  4. Daya tarik, adalah tampilan non fisik yang menarik yang dapat mendukung produk atau iklan.
  5. Power, adalah kharisma yang dipancarkan oleh narasumber untuk mempengaruhi konsumen, menyebabkan konsumen membeli atau menggunakan produk.

Sedangakan menurut Royan (2004), terdapat tiga karakteristik yang harus dimiliki oleh brand ambassador, yaitu: daya tarik (attractiveness), dapat dipercaya (trustworthiness) dan keahlian (expertise).

Peranan Brand Ambassador

Menurut Royan (2004), brand ambassador dalam fungsinya untuk mempromosikan suatu produk mempunyai peranan sebagai berikut:

  1. Memberikan kesaksian (testimonial). Jika selebriti secara pribadi menggunakan produk, ia dapat memberikan kesaksian tentang kualitas dan manfaat dari produk atau merek yang diiklankan.
  2. Memberikan dorongan dan penguatan (endorsement). Ada saat-saat ketika selebriti diminta membintangi iklan produk di mana mereka secara pribadi bukan ahli di bidangnya.
  3. Bertindak sebagai aktor dalam topik (iklan) yang diwakilinya. Selebriti diminta untuk mempromosikan produk atau merek tertentu yang terkait dengan peran dalam program tertentu.
  4. Bertindak sebagai juru bicara perusahaan. Selebriti yang mempromosikan produk, merek, atau bisnis dalam periode tertentu termasuk dalam kelompok peran pembicara. Penampilan mereka dikaitkan dengan merek atau produk yang mewakili mereka.

Manfaat Brand Ambassador

Penunjukan brand ambassador biasanya dilatarbelakangi oleh citra positif brand ambassador sehingga dapat mewakili citra produk secara keseluruhan. Menurut Lea Greenwood (2012), manfaat brand ambassador adalah sebagai berikut:

  1. Press coverage. Brand ambassador berperan dalam membentuk citra merek di mata konsumen.
  2. Changing perceptions of the brand. Brand ambassador dapat mengubah persepsi merek. Dengan menggunakan duta merek yang efektif, citra dan persepsi suatu merek dapat didukung.
  3. Attracting new customers. Bagi perusahaan, seorang brand ambassador sangat penting untuk menarik konsumen untuk menggunakan produk mereka. Ini membutuhkan kepatuhan dengan pemilihan duta merek untuk menarik konsumen.
  4. Freshening up an existing campaign. Terkadang konsumen kurang memperhatikan atau melupakan slogan perusahaan. Memiliki brand ambassador membuat konsumen lebih mudah mengingat kampanye perusahaan.

Sekian artikel tentang Brand Ambassador ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>

Related posts: