Direct Marketing Adalah

Posted on

Adalah.Co.Id – Pemasaran langsung (direct marketing) adalah bagaimana menciptakan kontak langsung dengan pelanggan dan pelanggan potensial untuk mengiklankan produk dan layanan. Berbeda dengan iklan yang tidak fokus, pakar pemasaran / pemasaran dapat mencapai tujuan yang lebih spesifik dan pesan pribadi dengan pemasaran langsung.

Pemasaran langsung jika ditangani dengan benar akan dapat menghasilkan penjualan tinggi dengan biaya yang relatif rendah. Saat ini ada banyak jenis pemasaran langsung dari cara tradisional ke cara modern menggunakan teknologi Internet.

Direct-Marketing-Adalah
Direct Marketing Adalah

Contoh pemasaran langsung adalah pemasaran jarak jauh, pemasaran email, penjualan pribadi, email / katalog langsung dan sebagainya.

Pengertian Pemasaran Langsung Menurut Para Ahli

Beberapa pakar bisnis dan pemasaran menjelaskan secara singkat apa itu pemasaran langsung. Di bawah ini adalah penjelasan dari apa yang para ahli yakini sebagai pemasaran langsung:

1. Suyanto (Marketing Strategy)

Menurut Suyanto (2007: 219), definisi pemasaran langsung adalah sistem pemasaran yang menggunakan saluran langsung untuk menjangkau konsumen dan menyediakan barang / jasa kepada konsumen tanpa perantara. Buat tanggapan atau transaksi yang dapat diukur di satu tempat.

2. Duncan (Principle of Advertising & IMC)

Menurut Duncan (2002: 573), istilah pemasaran langsung adalah metode pemasaran yang digunakan perusahaan untuk menjalin komunikasi langsung dengan konsumen. Strategi komunikasi langsung dianggap lebih efektif karena dapat berinteraksi dan membuat database yang dapat digunakan untuk mengaktifkan komunikasi pemasaran menggunakan berbagai media untuk mendorong respons konsumen.

3. Kotler – Gary Armstrong (Principles of Marketing)

Menurut Kotler-Gary Armstrong (1996: 53), istilah pemasaran langsung adalah sistem pemasaran yang menggunakan berbagai media periklanan untuk berinteraksi langsung dengan konsumen sasaran. Biasanya, interaksi ini terjadi melalui telepon, email, atau bertemu konsumen secara langsung untuk mendapatkan tanggapan langsung.

Variabel Keputusan Direct Marketing

Ada beberapa variable keputusan yang merupakan kerangka dasar dari program pemasaran langsung (direct marketing) ini, yaitu :

1. Offering

Offering atau penawaran adalah proposal lengkap produk dan layanan, harga dan atribut lainnya yang melekat pada produk yang ditujukan untuk pelanggan.

2. Creative

Variabel-variabel ini termasuk platform penyalinan, elemen desain grafis, teknik yang menyertainya dan aspek manufaktur seperti kustomisasi.

3. Media

Ada berbagai macam media yang tersedia untuk pemasaran langsung, termasuk email, telepon, SMS, internet / web, media sosial dan lainnya.

4. Timing dan Sequencing

Jadi kami memilih waktu dan disposisi komunikasi dalam pemasaran langsung, seperti dalam iklan umum. Pemasaran langsung memiliki kontrol lebih dari pemasaran umum, misalnya ketika email dikirimkan, media mana yang digunakan kepada siapa atau kepada kelompok konsumen tujuan dikirim.

Berbeda dengan pemasaran umum, iklan mengikuti publikasi mereka, ada juga batasan ruang dan program yang tidak dapat diubah sesuka hati.

5. Customer Service

Dalam model ini, perusahaan menyediakan saluran gratis di mana konsumen dapat dengan cepat dan mudah mengakses informasi dan mengirimkan tanggapan, keluhan, atau saran kepada perusahaan.

Jenis Direct Marketing

Ada banyak jenis direct marketing yang banyak diterapkan perusahaan, diantaranya adalah :

1. Direct Mail

Direct mail adalah surat yang secara langsung mengiklankan bisnis / produk dan layanan kami dan dikirim ke sekelompok pelanggan di suatu daerah.

Ada beberapa bentuk surat langsung, termasuk katalog produk, kartu pos produk, Maillers, dll.

2. Telemarketing

Dalam pemasaran jarak jauh, calon pelanggan dihubungi melalui telepon untuk menjual produk atau layanan.

Metode ini cukup mampu menarik pelanggan baru ke tingkat yang relatif besar dan metode ini sebagai alat untuk melacak kampanye pemasaran langsung.

Telemarketing sangat efektif ketika didukung oleh database pelanggan potensial atau data konsumen dengan profil lengkap (untuk mengetahui minat produk).

3. Email Marketing

Pemasaran email adalah cara sederhana, terjangkau, dan dapat diskalakan untuk menjangkau pelanggan kami.

Ini dapat mencakup buletin elektronik, email promosi untuk menghasilkan prospek atau penawaran baru bagi pelanggan yang sudah ada, atau iklan yang mungkin muncul dalam email perusahaan lainnya.

4. SMS Blasting (SMS / MMS Marketing)

Dengan SMS, perusahaan dapat menjangkau pelanggan individu dan mengirim pesan ke sekelompok besar konsumen berbiaya rendah.

Kami dapat menggunakan layanan SMS untuk mengirim pemberitahuan penjualan kepada pelanggan, tautan ke pembaruan situs web, pengingat pengiriman atau pesan pribadi.

5. Social Media Marketing

Media sosial dapat digunakan secara efektif sebagai alat pemasaran bagi perusahaan, karena memungkinkan kita untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan dan untuk secara teratur bertukar informasi yang relevan tentang produk atau layanan.

Platform media sosial juga membuatnya sangat mudah bagi pelanggan kami untuk berbagi konten kami dengan seluruh jaringan yang secara eksponensial meningkatkan jangkauan kami.

Gagasan mengembangkan profil ini untuk perusahaan kami adalah untuk memungkinkan promosi produk dan layanan kami.

Sementara itu, Medsos mendorong pelanggan untuk memberikan umpan balik dengan meninggalkan komentar yang sangat membantu dalam menyempurnakan layanan kami.

6. Direct Selling (With Sales Promotion)

Penjualan langsung adalah cara yang efektif untuk membangun bisnis yang fleksibel dan terjangkau. Penjualan langsung dipahami sebagai penyedia independen yang menjual produk atau layanan langsung ke pelanggan, misalnya dengan mengunjungi rumah atau tempat kerja pelanggan.

Metode penjualan langsung tradisional meliputi penjualan dari pintu ke pintu, rencana pesta, dan pemasaran jaringan.

7. Leaflet Marketing (Letterbox Drop & Handouts)

Ini adalah model pemasaran langsung di mana selebaran dikirim atau didistribusikan kepada pelanggan atau konsumen umum.

8. Online Marketing

Pemasaran langsung juga dapat dilakukan melalui pemasaran online atau media online menggunakan Internet.

Ada banyak bentuk media online, termasuk media sosial yang dibahas di atas, toko online, dan penggunaan situs web untuk media pemasaran produk.

Saat ini, hampir tidak ada produk / perusahaan yang memiliki situs web atau portal untuk menyajikan perusahaan dan produk atau layanan yang dikandungnya.

9. TV Home Shopping

Pemasaran dengan media TV atau belanja rumah menjadi semakin populer. Banyak stasiun televisi menyiarkan program komersial ini.

Metode ini sangat efektif karena, selain jangkauan yang luas juga memungkinkan sesi penjualan langsung dan panggilan telepon yang sering.

Konsep Direct Marketing

Beberapa tokoh ekonomi dan pemasaran, memberikan pendapatnya tentang praktek pemasaran langsung atau direct marketing ini, berikut pendapat mereka:

1. Duncan (Principle of Advertising & IMC)

Menurut Duncan, pemasaran langsung adalah jenis pemasaran di mana perusahaan menjalin komunikasi langsung dengan konsumen. Strategi komunikasi langsung ini dianggap lebih efektif karena dapat berinteraksi langsung dan mengakses database.

2. Kotler – Gary Armstrong (Principles of Marketing)

Menurut Kotler dan Gary Armstrong, pemasaran langsung adalah sistem pemasaran yang menggunakan berbagai media komunikasi dan iklan untuk berinteraksi langsung dengan konsumen sasaran.

Beberapa bentuk interaksi langsung ini adalah komunikasi telepon, pemasaran email, pengiriman materi iklan (brosur) atau pertemuan tatap muka untuk mendapatkan jawaban langsung.

3. Suyanto (Marketing Strategy)

Menurut Suyanto, pemasaran langsung adalah sistem pemasaran yang menggunakan saluran langsung untuk menjangkau konsumen dan menyediakan barang atau jasa kepada konsumen tanpa menggunakan perantara untuk mendapatkan tanggapan atau transaksi yang dapat diukur di satu tempat.

Manfaat Direct Marketing

Tujuan pemasaran langsung secara umum adalah untuk memasarkan produk / layanan bagi konsumen dengan biaya pemasaran yang lebih rendah

Pemasaran langsung adalah proses atau kegiatan pemasaran dengan menjalin kontak langsung dengan konsumen sasaran, di mana kontak ini tidak harus bersifat pribadi tetapi dapat menggunakan media tertentu.

Yang penting adalah bagaimana Anda dapat memilih media dan metode yang paling efektif senyaman mungkin.

1. Manfaat Direct Marketing Bagi Penjual

Memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi di mana pemasar dapat memilih metode yang tepat, waktu yang tepat dan sarana yang tepat untuk menjangkau konsumen.

Berikan pemasar kesempatan untuk memilih alternatif yang berbeda dan melakukan tes pasar untuk mendapatkan metode yang paling efektif. Pakar pemasaran dapat membuat strategi yang dibuat khusus untuk diri mereka sendiri dan pelanggan mereka yang sulit untuk ditiru karena cara mereka dipersonalisasi.

2. Manfaat Direct Marketing Bagi Konsumen

Konsumen merasa lega dengan kehadiran pemasaran langsung ini karena mereka dapat mengenali dan menemukan kelebihan dan kekurangan produk.

Konsumen merasa lega karena mereka dapat membeli produk langsung di lokasi tanpa harus khawatir meninggalkan rumah mereka. Konsumen mendapatkan kenyamanan dan kebebasan dengan banyak pilihan dalam katalog produk.

Konsumen memiliki kesempatan untuk terlebih dahulu mengetahui spesifikasi produk (katalog, email, dll.) Dan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya.

Sekian artikel tentang Direct Marketing ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>