Fatigue Adalah : Gejala, Penyebab, dan Cara Mengetasinya

Posted on

Adalah.Co.Id – Kelelahan (fatigue) adalah suatu kondisi yang ditandai dengan menurunnya kemampuan bekerja dan menurunnya kinerja, biasanya disertai dengan perasaan lelah, lesu dan lemah.

Penting untuk Anda ketahui, kelelahan adalah gejala, bukan penyakit. Banyak penyakit dapat menyebabkan kelelahan fisik, mental atau kombinasi.

Penyebab kelelahan dapat disebabkan oleh faktor gaya hidup, faktor mental dan faktor fisik. Gejala-gejala yang biasanya terjadi pada orang yang sering mengalami kelelahan termasuk lesu, batuk, pusing, kurang konsentrasi, kurang antusias, penurunan berat badan, nyeri dada, mual, muntah, demam, nyeri otot, depresi, dan lain-lain. lain.

Fatigue-Adalah
Fatigue Adalah

Secara umum, kelelahan tidak memerlukan obat atau perawatan khusus. Artikel berikut menjelaskan penyebab dan cara mengatasi masalah kelelahan.

Tanda-tanda Gejala Fatigue

Tergantung pada penyebabnya, tanda-tanda kelelahan yang berbeda terjadi. Orang dengan penyakit jantung, penyakit paru-paru, atau anemia dapat dengan mudah mengalami sesak napas atau kelelahan setelah aktivitas minimal.

Penderita diabetes dapat mengalami poliuria (buang air kecil berlebihan), polidipsia (haus berlebihan), atau masalah penglihatan. Orang dengan hipotiroidisme mungkin juga memiliki gejala kulit yang dingin, kering, dan rambut rapuh.

Gejala kelelahan lainnya meliputi :

  1. Penurunan berat badan
  2. Nyeri dada dan sesak napas
  3. Muntah dan diare
  4. Demam dan menggigil
  5. Kelemahan atau nyeri otot
  6. Kecemasan dan depresi.

Jika kondisi fatigue tidak diobati dengan benar, beberapa potensi komplikasi dapat terjadi, seperti:

  1. Depresi
  2. Isolasi sosial
  3. Keterbatasan gaya hidup
  4. Peningkatan ketidakhadiran di tempat kerja.

Mungkin ada tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda mengkhawatirkan gejala tertentu, konsultasikan dengan dokter Anda.

Penyebab Fatigue

Ada beberapa kemungkinan penyebab kelelahan, yang dibagi menjadi tiga kelompok: faktor gaya hidup, masalah medis dan masalah kesehatan mental.

Faktor Gaya Hidup

Ketika Anda lelah, aktivitas dan gaya hidup Anda bisa menjadi penyebab utama. Kelelahan bisa disebabkan oleh:

  1. Aktivitas fisik yang berlebihan
  2. Kurangnya aktivitas
  3. Kurang tidur
  4. Bosan
  5. Kegemukan atau obesitas
  6. Waktu stres emosional
  7. Berduka
  8. Gunakan obat-obatan tertentu
  9. Minum alkohol
  10. Mengkonsumsi narkotika
  11. Mengkonsumsi kafein
  12. Pola makan yang buruk dan tidak bergizi

Masalah Medis

Beberapa masalah dan penyakit yang dapat menyebabkan kelelahan adalah:

  1. Anemia
  2. Rasa sakit
  3. Penyakit Addison (gangguan yang memengaruhi kadar hormon)
  4. Hipotiroidisme (hipotiroidisme)
  5. Hipertiroidisme (hiperfungsi kelenjar tiroid)
  6. Radang sendi
  7. Insomnia dan gangguan tidur lainnya
  8. Gangguan Makan
  9. Penyakit autoimun
  10. Fibromyalgia
  11. Gagal jantung
  12. Kanker
  13. Diabetes
  14. Penyakit ginjal atau hati
  15. Infeksi
  16. Gejala kelelahan kronis
  17. Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK, yang membuat sulit bernafas)
  18. Empisema
  19. Sindrom kaki gelisah.

Masalah Kesehatan Mental

Orang yang menderita kecemasan dan depresi mungkin mengalami kelelahan sebagai gejala dari kondisi tersebut.

Cara Mengatasi Masalah Fatigue

Fatigue adalah gejala dari kondisi penyebab. Perawatan tergantung pada penyebabnya, yang mungkin fisik, mental, medis atau kombinasi dari semuanya. Beberapa gejala kelelahan dapat membaik segera setelah kondisi yang menyebabkan kelelahan diatasi.

Berikut beberapa hal yang bisa membantu Anda mengatasi masalah kelelahan atau setidaknya meringankan masalah kelelahan.

Rutin Berolahraga

Untuk mengurangi atau meminimalkan kelelahan alami, Anda dapat melakukan latihan ringan seperti berjalan, bersepeda atau berenang. Lakukan aktivitas fisik selama 30 menit setidaknya tiga kali seminggu untuk setiap aktivitas.

Minumlah Banyak Air Putih

Dokter menyarankan untuk minum setidaknya 8 gelas air sehari. Hindari minuman beralkohol dan minuman berkafein.

Makan Secara Teratur dan Bergizi

Makan secara teratur dengan memperhatikan kualitas atau nutrisi dari makanan yang Anda makan. Makanlah tepat waktu dan teratur.

Mengurangi Stres dan Depresi

Anda bisa melakukan aktivitas yang bisa membuat hidup lebih santai. Itu bisa dalam bentuk rekreasi, berkemah dan kegiatan menyenangkan lainnya. Ini juga dapat membantu Anda mengatasi kelelahan yang disebabkan oleh faktor psikologis. Mulailah berpikir positif sehingga Anda dapat mengurangi masalah depresi atau stres Anda.

Jaga Berat badan

Jika Anda termasuk orang yang kelebihan berat badan, Anda harus memiliki program penurunan berat badan. Ini mengurangi kelelahan yang Anda rasakan karena kelebihan berat badan.

Tidur Yang Efektif

Tidur yang cukup membantu Anda mengatasi masalah kelelahan. Usahakan untuk tidur setidaknya 6-8 jam sehari. Cobalah tidur di malam hari, bukan di siang hari.

Mulailah gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat dapat memiliki efek positif pada tubuh dan hidup Anda, tetapi juga membantu mengatasi atau mengurangi masalah kelelahan yang terjadi.

Meskipun kelelahan (fatigue) bukanlah gangguan atau gejala yang serius, masalah kelelahan adalah gangguan yang membuat kita kurang nyaman dengan aktivitas Teruma.

Jika Anda masih menderita kelelahan yang berkepanjangan, Anda dapat mendiskusikan masalah Anda dengan dokter Anda. Karena itu, jangan melelahkan tubuh Anda, agar tubuh Anda lebih segar dan aktivitasnya bisa berjalan kembali dengan lancar.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Related posts: