Kontemporer Adalah

Posted on

Adalah.Co.Id – Ada banyak kebingungan tentang bagaimana membedakan antara desain interior kontemporer dan desain interior modern. Kedua gaya desain tersebut sering disalahtafsirkan dan dipandang sebagai gaya yang serupa.

Cabang seni kontemporer dipengaruhi oleh efek modernisasi. Kontemporer berarti modern atau lebih tepatnya sesuatu yang sesuai dengan kondisi pada waktu yang sama atau pada waktu saat ini.

Kontemporer Adalah ?

Kontemporer-Adalah

Kontemporer adalah cabang seni yang dipengaruhi oleh efek modernisasi. Kontemporer berarti modern, kekinian atau lebih tepatnya sesuatu yang sesuai dengan kondisi pada waktu yang sama atau pada waktu itu.

Seni yang tidak terikat oleh aturan masa lalu dan yang berkembang saat ini disebut seni kontemporer. Lukisan kontemporer adalah karya yang secara tematis mencerminkan situasi saat ini.

Hadiah kontemporer mencerminkan bahwa ada kebebasan untuk menentukan apa yang pantas pada saat itu. Kontemporer berasal dari kata “Co” dan “waktu” dan berarti dalam kamus besar bahasa Indonesia “pada saat yang sama”, “selama”, “di masa sekarang”, “dewasa ini / hari ini”.

Oleh karena itu seni kontemporer adalah cabang seni yang dipengaruhi oleh efek modernisasi, tidak terikat waktu dan selalu mengikuti tren yang berlaku dari waktu ke waktu.

Musik Kontemporer

Di Indonesia, musik kontemporer adalah istilah untuk kegiatan kreatif yang sering disebut sebagai musik baru, musik kontemporer, atau musik seni kontemporer dalam konteks berbahasa Inggris. Ini menjadi istilah paling populer di tahun 90-an.

Namun, kesepakatan untuk menggunakan istilah ini menimbulkan pertanyaan tentang apa yang termasuk dan tidak termasuk dalam musik kontemporer. Ini menjadi inti perdebatan sengit antara musisi dan pemikir yang biasanya memiliki persepsi berbeda.

Baca Juga : Seni Rupa Adalah : Unsur Seni Rupa, Fungsi dan Contoh Seni Rupa

Keragaman musik kontemporer diakui dan dilembagakan secara resmi. Untuk mengatasi masalah ini, disebut Gerakan Besar, Pekan Komponis, sebuah pertemuan tahunan untuk komponis dari berbagai daerah di Indonesia. Pertemuan biasanya berlangsung di Taman Ismail Marzuki Jakarta.

Sejak pertemuan pertama tahun 1979, komposer yang terlibat sebagian besar tradisional. Memang, komposer tradisional terbaik mewakili delapan iterasi pertama, yang memberikan kontribusi lebih dari tiga kali lebih banyak dari karya-karya ini daripada rekan-rekan mereka yang berorientasi barat.

Tari Kontemporer

Tarian kontemporer adalah tarian yang dipengaruhi oleh efek modernisasi dan bebas dan tidak dibatasi oleh tingkat gerakan seperti dalam tarian tradisional.

Kata yang sama “kontemporer” seperti yang diberikan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti “pada saat yang sama” atau “sekarang”. Dengan cara ini, tari kontemporer juga dapat diartikan sebagai tarian “kontemporer” pada saat penciptaannya – di luar standar yang ada.

Tarian kontemporer biasanya disajikan secara eksklusif, bukan untuk hiburan populer / publik. Jenis tarian ini biasanya dibuat untuk kepentingan artistik khusus seperti festival tari nasional dan internasional. Oleh karena itu, masyarakat umum tidak mungkin mengetahui judul tarian dan terutama penampilannya.

Tarian kontemporer dari Indonesia umumnya mempertahankan seni tradisional masing-masing daerah. Setidaknya koreografer mengambil budaya lokal yang ada. Seperti budaya Tayub, ia disajikan dengan kombinasi gerakan non-tradisional lainnya. Dan kombinasi musik yang juga berbau tradisi tetapi tidak standar, seperti Gamelan dikombinasikan dengan biola

Arsitektur Kontemporer

Salah satu bentuk ekspresi yang mempertanyakan teori-teori konseptual disebut contemporanea. Di KBBI, kontemporer berarti keduanya sekaligus, seperti pada saat ini. Perkembangan arsitektur kontemporer dari ide arsitektur yang sesungguhnya harus dapat memperoleh tujuan dan solusi untuk arsitektur masa depan dan situasi saat ini.

Baca Artikel Lainnya : Seni Lukis Adalah : Aliran Seni Lukis dan Contoh Seni Lukis

Metode desain untuk mengembangkan arsitektur yang disebut arsitektur “kode ganda” juga diperkenalkan oleh kritikus arsitektur Charles Jenks. Teori ini adalah cikal bakal arsitektur kontemporer. Dengan ide ini, itu tergantung pada sejumlah faktor yang mempengaruhi waktu tertentu.

Dari beberapa pertimbangan di atas, dapat disimpulkan bahwa arsitektur kontemporer adalah titik balik baru dalam dunia arsitektur dalam desain sebuah karya arsitektur yang dapat bertahan tanpa batas waktu atau setidaknya

Sejarah Kontemporer

1.Pendahuluan

Sebelum kemerdekaan, bentuk arsitektur di Indonesia didominasi oleh arsitektur Belanda. Era kolonial menemukan bentuk baru pada peta arsitektur Indonesia. Kesan tradisional dan adat dan keragaman etnis di negara ini terganggu oleh kehadiran migran yang membawa arsitektur arsitektur ke Indonesia

Bentuk arsitektur “asli” di Indonesia dimulai dengan institusi arsitektur setelah kemerdekaan. Selama ini, arsitektur telah berkembang melalui proses akademik dan hanya melalui praktik arsitektur dalam arsitektur Indonesia kontemporer.

Selama era kolonial Belanda, kursus arsitektur sebenarnya diajarkan dalam pendidikan teknik sipil. Namun, setelah Oktober 1950, sekolah arsitektur pertama didirikan di Institut Teknologi Bandung, yang sebelumnya bernama Bandoeng Technical Hoogeschool (1923).

Disiplin arsitektur dimulai dengan 20 siswa dengan 3 guru Belanda, pada dasarnya guru yang menirukan sistem pendidikan dari kota asalnya ke Universitas Teknologi Delft di Belanda. Pelatihan arsitektur mengarah pada penguasaan kompetensi dalam perencanaan bangunan dengan pertimbangan khusus parameter terbatas, yaitu fungsi, iklim, konstruksi dan bahan bangunan.

Baca Juga : Seni Kriya Adalah : Contoh Seni Kriya dan Teknik Seni Kriya

Sejak konflik di Irlandia Barat pada tahun 1955, semua guru dari Belanda dengan pengecualian V.R. van Romondt, yang rendah hati bersikeras menjalankan dan memimpin sekolah arsitektur sampai 1962. Pada saat kepemimpinannya, akademi arsitektur berangsur-angsur diperkaya dengan memasukkan aspek estetika barat negara Indonesia.

Sekitar awal 10-an, salah satu karya arsitek Belanda seperti Hotel Savoy Homan, Stasiun Kereta Api Kota Jakarta dan Villa Isola di Bandung memberikan visi baru tentang budaya dan sejarah dalam pertimbangan desain.

Tujuan Van Romondt adalah untuk menciptakan “arsitektur Indonesia” baru berdasarkan prinsip-prinsip tradisional dengan sentuhan modern untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini. Dengan kata lain, “arsitektur Indonesia” adalah aplikasi dari ide-ide fungsionalisme, rasionalisme dan kesederhanaan desain modern, tetapi yang sangat terinspirasi oleh prinsip-prinsip arsitektur tradisional.

2. Kemajuan Kontemporer

Pada tahun 1958, mahasiswa arsitektur ITB mencapai 500 orang dengan 12 lulusan. Yang kemudian menjadi guru. Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) didirikan pada September 1959.

Arah sekolah arsitektur berpindah tangan dengan orang Indonesia dan dari awal 1961 dengan Sujudi sebagai presiden. Jadi Sujudi mendirikan sekolah arsitektur di perguruan tinggi lain. Periode ini juga dijelaskan oleh Sujudi et al. dengan teman-teman yang menyebut diri mereka ATAP.

Sastra Barat mulai memasuki wacana tentang pendidikan arsitektur di Indonesia pada awal 1960-an. Karya dan pemikiran arsitek penting Frank Lloyd Wright, Walter Gropius dan Le Corbusier telah menjadi contoh normatif untuk diskusi dan pembelajaran.

Iklim politik pada waktu itu juga berdampak besar pada sikap masyarakat terhadap teori dan konsep arsitektur modern. Karena ke arah Sukarno, “modernitas” diberikan melalui kepentingan simbolis yang terkait dengan persatuan dan kekuatan nasional. Sukarno telah berhasil secara fundamental mempengaruhi karakter arsitektur masa kekuasaannya.

Baca Juga : Pameran Adalah : Tujuan Pameran, Jenis jenis dan Manfaat Pameran

Arsitektur modern, revolusioner dan heroik menawarkan kepada kita program pengembangan besar terutama untuk ibu kota Jakarta. Ia mencoba mengubah citra Jakarta sebagai pusat pemerintahan kolonial di ibukota negara yang merdeka dan berdaulat yang lahir sebagai kekuatan baru di dunia.

Pada akhir 1950-an, Sukarno mulai menghancurkan bangunan-bangunan tua dan membangun yang baru, memperluas jalan-jalan dan membangun jalan raya. Pencakar langit dan teknologi konstruksi modern diperkenalkan di negara ini.

Dengan bantuan dana asing, proyek-proyek seperti Hotel Indonesia, Toko Sarinah, Gelora Bung Karno, bypass, Ponte Semanggi, Monas, Masjid Istiqlal, Wisma Nusantara, Taman Impian Jaya Ancol, gedung DPR & MPR dan sejumlah monumental Patung-patung ditampilkan.

Kemajuan, modernitas, dan monumentalitas merupakan ciri khas proyek arsitektur Sukarno, yang terutama menggunakan “gaya internasional”. Seorang arsitek yang memiliki hubungan dekat dengan Presiden Sukarno pada saat itu adalah Friedrich Silaban. Saat itu ia terlibat dalam hampir semua proyek besar.

Desain didasarkan pada prinsip-prinsip fungsional, kenyamanan, efisiensi, dan kesederhanaan. Pendapatnya bahwa arsitek harus memperhatikan kebutuhan fungsional bangunan dan faktor iklim tropis seperti suhu, kelembaban, sirkulasi udara dan radiasi matahari. Desain arsitektur seperti ventilasi silang, talang dan koridor.

Demikianlah artikel tentang Kontemporer ini semoga bisa memberi manfaat dan menambah wawasan bagi anda, terimakasih.