Manager Adalah

Posted on

Adalah.Co.Id – Di dunia kerja, Anda yang sudah bekerja dengan baik dalam perusaahn besar maupun kecil pasti sudah terbiasa dengan kata manajer. Tentu saja, posisi manajer sangat penting.

Jadi jangan heran jika seseorang yang memegang posisi ini memiliki banyak tugas yang juga merupakan tanggung jawab besar. Untuk lebih jelas nya lagi mari simak artikel nya di bawah ini.

Manager Adalah ?

Manager-Adalah

Manajer adalah satu orang atau seseorang yang harus menciptakan orang dalam suatu organisasi dengan latar belakang, karakteristik dan ciri-ciri budaya yang berbeda sesuai dengan teknologi dan tujuan.

Tugas seorang manajer adalah untuk mengintegrasikan berbagai jenis variabel (karakteristik, budaya, pendidikan, dll) Ke dalam suatu tujuan organisasi yang identik melalui penerapan mekanisme adaptasi.

Pengertian Manager Menurut Para Ahli

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Manajer adalah orang yang mengatur pekerjaan atau kolaborasi antara berbagai kelompok atau sejumlah orang untuk mencapai tujuan. 2) Orang yang bertanggung jawab dan bertanggung jawab yang menciptakan, mengatur, mengarahkan dan mengendalikan rencana untuk mencapai tujuan tertentu.

Wikipedia

Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan mereka untuk mencapai tujuan organisasi.

Robert Tanembaum

Manajer adalah seseorang yang memimpin orang lain dan bertanggung jawab atas pekerjaan itu.

Oxford Leaner’s Pocket Dictionary

Manajer adalah orang yang mengorganisasi perusahaan, tim olahraga, dan lainnya.

Millet “1954”

Manajer adalah orang yang memimpin dan mengarahkan pameran orang-orang yang telah secara resmi diorganisasikan dalam kelompok untuk mencapai tujuan bersama.

Kimball and Kimball “1951”

Manajer adalah orang yang memahami semua fungsi dan tugas, termasuk sistem perakitan perusahaan, pembiayaan, penyediaan semua peralatan di perusahaan, menentukan kontur dan menyiapkan kerangka organisasi untuk memilih pejabat terbaik.

James A.F Stonner

Manajer adalah seseorang yang melakukan atau mengatur semua upaya perencanaan, organisasi, manajemen dan pengendalian anggota organisasi, serta penggunaan sumber daya organisasi lainnya untuk mencapai tujuan organisasi yang telah lama ditetapkan.

Prof. Dr. H. Arifin Abdurachman

Manajer didefinisikan sebagai orang yang melakukan kegiatan atau kegiatan, “memproses kegiatan dalam urutan atau urutan”, lembaga atau orang yang melakukan kegiatan atau proses kegiatan.

Dr. Sp. Siagian

Seorang manajer adalah seseorang yang memiliki kemampuan atau kemampuan untuk mencapai suatu hasil guna mencapai tujuan melalui karya orang lain.

Tugas Seorang Manager

  1. Identifikasi dan evaluasi tren, pilih langkah-langkah, tentukan tujuan dan evaluasi hasil.
  2. Mempertahankan kualitas layanan dengan mematuhi standar kualitas dan layanan pelanggan, menganalisis dan memecahkan masalah kualitas pelanggan dan layanan dan merekomendasikan perbaikan sistem.
  3. Menetapkan tujuan strategis dengan mengumpulkan bidang bisnis, keuangan, layanan, dan informasi yang relevan.
  4. Melengkapi tujuan keuangan Anda dengan merencanakan kebutuhan, pengeluaran, analisis, penyimpangan, membuat anggaran tahunan dan mengambil tindakan korektif.
  5. Implementasi konsultasi, pembinaan atau tindakan disipliner untuk karyawan, pedoman, prosedur, pengembangan, koordinasi sistem dan standar produktivitas.
  6. Lengkapi dan evaluasi kinerja karyawan dengan berkomunikasi, merencanakan, memantau, dan mengevaluasi hasil pekerjaan.
  7. Pertahankan karyawan dengan merekrut, memilih, membimbing, dan melakukan pelatihan karyawan untuk memastikan tempat kerja yang aman, nyaman, dan tertib.
  8. Pengambilan keputusan, perencanaan, organisasi organisasi, manajemen organisasi, kontrol, evaluasi dan pelaporan.
  9. Dapatkan pengetahuan teknis dan profesional dengan menghadiri seminar pelatihan, memeriksa publikasi khusus, membangun jaringan pribadi, membuat tolok ukur dan terlibat dalam pekerjaan sosial.

Tugas Lain dari Seorang Manager

Mengomunikasikan ke atasan dan ke staff

Sebagai seorang manajer, Anda harus memiliki komunikasi yang baik antara bos Anda dan bawahan Anda. Masalah dalam organisasi disebabkan oleh kurangnya komunikasi yang jelas antara karyawan atau manajer.

Sebagai seorang manajer, kita harus memberikan informasi dari manajer dan karyawan dengan sangat aktif atau tepat, serta hubungan dari karyawan ke manajer, sehingga masalah dapat diselesaikan.

Memonitor penampilan kerja staff

Sebagai seorang manajer, kita perlu memperhatikan orang-orang di perusahaan untuk memastikan karyawan kita melakukan pekerjaan yang harus mereka lakukan. Kita tidak dapat mengendalikan mereka secara efektif jika kita menghabiskan seluruh waktu kita duduk sendirian di kantor tanpa memperhatikan karyawan kita.

Umpan balik pelatihan dan karyawan. Ketika Anda memantau karyawan Anda, pekerjaan Anda bukanlah mencari cara untuk menghukum kesalahan mereka.

Tugas kita adalah untuk menghargai pekerjaan yang luar biasa dan membantu karyawan memperbaiki kesalahan serius. Ini berarti bekerja terus menerus dengan mereka untuk meningkatkan kinerja kerja setiap saat.

Memecahkan masalah-masalah kerja yang muncul

Ketika kita menemukan masalah dalam suatu pekerjaan, kita harus melakukan lebih dari melaporkannya kepada atasan kita dan kita harus secara aktif menyelesaikan masalah dengan karyawan kita. Manajer yang baik memecahkan masalah, bukan seseorang yang melaporkan masalah.

Menegakkan disiplin

Seorang manajer profesional dapat meyakinkan karyawannya untuk mengikuti aturan dan pedoman organisasi. Ini mengoreksi karyawannya, yang melanggar aturan dengan cara yang manusiawi dan efektif.

Menghormati dan melindungi hak-hak pekerja. Seorang manajer profesional menyadari bahwa semua pekerja memiliki hak yang perlu dilindungi. Manajer bekerja keras untuk memastikan penghormatan terhadap hak-hak pekerja.

Fungsi Seorang Manager

  1. Perencanaan (planning), merencanakan kebijakan untuk diadopsi di perusahaan dan memprediksi hasil dari tindakan yang akan diambil.
  2. Pengaturan (organizing), yaitu pelatihan, pengaturan, pendelegasian, dan penerapan otoritas atau hak, jika dikaitkan dengan tanggung jawab atau dalam sistem komunikasi, dan untuk mengoordinasikan semua pekerjaan dengan anggota organisasi.
  3. Pengawasan (controlling), yang meliputi persiapan atau standar kualitas dan jumlah pekerjaan, baik dalam bentuk produk atau layanan yang disediakan untuk perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan.
  4. Kepemimpinan (leading), yang memungkinkan orang lain untuk melakukan pekerjaan itu, mendorong mereka, memotivasi mereka dan menciptakan suasana kerja yang baik.
  5. Evaluating, yang menganalisis hasil dari semua kegiatan yang dilakukan oleh analisis SWOT.

Contoh dari Manager

Manejemen lini pertama (first line management)

Manajer lini pertama adalah level terendah, sering disebut sebagai manajer operasional. Fungsinya meliputi bimbingan dan pemantauan personel non-manajerial yang terlibat dalam proses produksi. Sebagai aturan, mereka sering disebut sebagai atasan, manajer area, manajer shift, kepala departemen, manajer kantor atau mandor. Ini adalah penjelasan untuk Manajer Lini Pertama.

Manajer tingkat menengah (middle management)

Tugas manajer tingkat menengah adalah untuk menghubungkan baris pertama ke atas. Posisi yang terkandung dalam manajer tingkat menengah ini, misalnya, manajer proyek, manajer pabrik, kepala departemen atau kepala departemen. Ini adalah penjelasan untuk eksekutif tingkat menengah.

Manajer puncak (top management)

Manajer puncak bertanggung jawab untuk merencanakan strategi organisasi, kegiatan atau perusahaan secara umum untuk mengelola organisasi dan perusahaan. Manajer puncak ini disebut sebagai eksekutif, misalnya oleh eksekutif seperti Chief Executive Officer (CEO), Chief Financial Officer (CFO) dan Chief Information Officer (CIO).

Demikianlah artikel tentang Manager ini, semoga bisa memberi manfaat dan menambah wawasan bagi anda, terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>