Manager Adalah : Tugas dan Fungsi Manajer, serta Contoh Manajer

Posted on

Adalah.Co.IdManager adalah individu orang atau seseorang yang haruskan untuk membuat orang-orang dalam organisasi yang berbagai latar belakang budaya, karakteristik, dan memiliki ciri yang sesuai dengan teknologi (technology) dan tujuan (goals).

Dan tugas seorang manager adalah bagaimana mengintegrasikan berbagai macam variabel (karakteristik, budaya, pendidikan dan lain sebagainya) kedalam suatu tujuan organisasi yang sama dengan cara melakukan mekanisme penyesuaian.

Manager-Adalah
Manager Adalah

MANAGER MENURUT PARA AHLI

• Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia “KBBI”
Manajer yaitu 1) Orang yang mengatur pekerjaan atau kerja sama di antara berbagai kelompok atau sejumlah orang untuk mencapai sasaran. 2) Orang yang berwenang dan bertanggung jawab membuat rencana, mengatur, memimpin dan mengendalikan pelaksanaannya untuk mencapai sasaran tertentu.

• Menurut Wikipedia
Manajer ialah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi.

• Menurut Robert Tanembaum
Manajer ialah seseorang yang mengarahkan orang lain dan bertanggung jawab atas pekerjaan tersebut.

• Menurut Oxford Leaner’s Pocket Dictionary
Manajer ialah orang yang mengorganisir bisnis, tim olahraga dan lain-lain.

• Menurut Millet “1954”
Manajer ialah orang yang memimpin serta melancarkan sebuah kinerja dari orang-orang yang sudah terorganisir secara formal sebagai sebuah kelompok guna memperoleh suatu tujuan yang sama.

• Menurut Kimball and Kimball “1951”
Manajer ialah seseorang yang terdiri dari keseluruhan fungsi beserta tugas yang meliputi sebuah sistem penyusunan perusahaan, pembiayaan, penyediaan seluruh peralatan di sebuah perusahaan penetapan garis-garis besar serta penyusunan kerangka organisasi hingga pada pemilihan para pejabat teras di dalamnya.

• Menurut James A.F Stonner
Manajer adalah seseorang yang melakukan atau merangkai segala perencanaan, proses pengorganisasian, pengarahan serta pengawasan usaha-usaha dari para anggota organisasi serta penggunaan sumber-sumber daya organisasi lain guna mencapai tujuan organisasi yang sudah lama ditetapkan.

• Menurut Prof. Dr. H. Arifin Abdurachman
Manajer diartikan dengan orang yang melakukan kegiatan-kegiatan atau aktivitas-aktivitas, proses “kegiatan di dalam rentetan maupun urutan-urutan, institut atau orang-orang yang melaksanakan kegiatan atau suatu proses kegiatan.

• Menurut Dr. Sp. Siagian
Manajer adalah seseorang yang memiliki sebuah tindakan keterampilan maupun kemampuan untuk memperoleh suatu hasil dalam upaya mencapai tujuan melalui tindakan kerja orang lain.

TUGAS DAN FUNGSI MANAGER

  1. Mempertahankan staf dengan merekrut, memilih, mengorientasi, dan melakukan pelatihan karyawan, menjaga lingkungan kerja yang aman, nyaman, dan tertib.
  2. Menyelesaikan dan mengevaluasi kinerja staf dengan berkomunikasi, perencanaan, monitoring, dan menilai hasil pekerjaan.
  3. Melakukan konseling, coaching, ataupun mendisiplinkan karyawan, kebijakan, prosedur, mengembangkan, mengkoordinasikan sistem, dan standar produktivitas.
  4. Menetapkan tujuan strategis dengan mengumpulkan bidang bisnis yang bersangkutan, keuangan, layanan, dan informasi.
  5. Mengidentifikasi dan mengevaluasi tren, memilih tindakan, mendefinisikan tujuan dan mengevaluasi hasil.
  6. Menyelesaikan tujuan keuangan dengan perencanaan kebutuhan, pengeluaran, menganalisis, varians, mempersiapkan anggaran tahunan, dan memulai tindakan korektif.
  7. Mempertahankan kualitas layanan dengan menegakkan standar kualitas dan layanan pelanggan, menganalisis dan menyelesaikan kualitas dan layanan masalah pelanggan, merekomendasikan perbaikan sistem.
  8. Mempertahankan pengetahuan profesional dan teknis dengan menghadiri workshop pelatihan, meninjau publikasi profesional, membangun jaringan pribadi, benchmarking, berpartisipasi dalam sosial bermasyarakat secara profesional.
  9. Pengambilan keputusan, membuat rencana, menyusun organisasi, pengarahan organisasi, pengendalian, penilaian dan pelaporan.

ADA JUGA YANG MENJELASKAN TUGAS MANAGER

Menetapkan, menyetujui dan mengkomunikasikan standar kinerja dan perilaku dilakukan Manager. Tugas manager adalah menjelaskan maupun memberi instruksi kerja kepada staff secara tepat, dan memiliki standar kerja yang harus dipenuhi, dan selalu meyakinkan para bawahannya bahwa mereka akan melaksanakannya dengan baik dan lancar.

• Mengomunikasikan ke atasan dan ke staff.
Anda sebagai seorang manager harus memiliki komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan anda. Masalah yang ada didalam organisasi disebabkan dari kurangnya komunikasi yang jelas antara staff ataupun manajemen.

Sebagai seorang manager, kita harus sangat aktif ataupun akurat dalam memberikan sebuah informasi dari para manager dan staff, dan juga dalam memberikan sebuah laporan dari staff ke manager sehingga masalah dapat diselesaikan.

• Memonitor penampilan kerja staff.
Sebagai seorang manager Kita harus memperhatikan staff yang ada di perusahaan, untuk memastikan bahwa staff kita mengerjakan tugas yang harus mereka kerjakan, kita tidak dapat mengontrol secara efektif, jika kita mempergunakan seluruh waktu kita dengan duduk di kantor saja tanpa memperhatikan karyawan kita.

Melakukan “coaching” dan memberikan umpan balik kepada staff. Ketika Anda memonitor staff Anda, tugas Anda bukanlah untuk mencari kesempatan untuk menghukum kesalahan-kesalahannya.

Tugas kita ialah untuk menghargai sebuah pekerjaan yang telah dilakukannya sangat baik, dan membantu staff memperbaiki sebuah kesalahan fatal yang telah dibuatnya. Ini berarti bekerja dengan mereka secara terus menerus untuk meningkatkan penampilan kerja mereka setiap saat.

• Memecahkan masalah-masalah kerja yang muncul.
Pada saat kita menemukan masalah-masalah pada sebuah pekerjaan yang ada di tempat kerja, maka kita harus melakukan lebih dari sekedar melaporkan masalah-masalah tersebut kepada atasan kita, dan kita seharusnya secara aktif menyelesaikan masalah-masalah dengan staff kita. Seorang manager yang baik adalah seorang pemecah masalah (problem solver), bukan sebagai seorang yang melaporkan masalah saja.

• Menegakkan disiplin.
Seorang manager yang profesional dapat meyakinkan staffnya untuk mengikuti aturan dan kebijakan organisasi. Dia mengoreksi staffnya yang melanggar aturan dengan cara yang manusiawi dan efektif.

Menghargai dan menegakkan hak-hak pekerja. Seorang manager yang profesional menyadari bahwa seluruh pekerja mempunyai hak-hak yang harus dilindungi, Para manager bekerja keras untuk meyakinkan bahwa hak-hak pekerjanya dihargai.

FUNGSI MANAGER

  1. Fungsi perencanaan (planning) dari suatu kebijakan yang mau diambil di sebuah perusahaan dan memprediksikan hasil dari tindakan yang akan diambil .
  2. Fungsi pengaturan (organizing), yaitu membentuk, mengatur, mendelegasikan, dan menerapkan suatu wewenang/hak dimana dengan tanggung jawab ataupun pada sistem komunikasi, dan juga mengkordinirkan setiap kerja kepada para anggota organisasi.
  3. Fungsi pengawasan (controlling), yaitu mencakup persiapan atau standar kualitas dan kuantitas hasil kerja, baik dalam bentuk produk ataupun jasa yg diberikan pada perusahaan dalam rangka memberikan pencapaian tujuan perusahaan.
  4. Fungsi kepemimpinan (leading) yang membuat oranglain melakukan pekerjaan, mendorong, memotivasi serta menciptakan iklim pekerjaan yang baik.
  5. Fungsi evaluating, yaitu menganalisa hasil dari seluruh kegiatan yang telah dilakukan melalui analisis SWOT.

CONTOH MANAGER

1. Manejemen lini pertama (first line management).
Manajer lini pertama merupakan tinggatan paling rendah, sering dikenal dengan manajer operasional. Tugasnya seperti memimpin dan mengawasi pegaawai non-manajerial yang derlibat dalam proses produksi. Biasanya mereka sering disebut supervisor, manajer area, manajer shift, manajer department, manajer kantor atau mandor. Itulah penjelasan mengenai manajer lini pertama.

2. Manajer tingkat menengah (middle management).
Tugas Manager tingkat menengah sebagai penghubung antar lini pertama dan puncak. Adapun jabatan yang termasuk kedalam manajer tingkat menengah ini contohnya seperti manajer proyek, manajer pabrik, manajer divisi atau kepala bagian. Itulah penjelasan mengenai manajer tingkat menengah.

3. Manajer puncak (top management).
Manajer puncak bertugas merencanakan strategi organisasi, sebuah kegiatan, atau perusahaan secara umum untuk mengarahkan jalannya organisasi dan sebuah perusahaan. Manajer puncak ini dikenal dengan instilah executive officer, contoh dari manajer puncak seperti Chief Executive Officer (CEO), Chief Financial Officer (CFO) dan Chief Information Officer (CIO).

Baca Juga >>>

Rehabilitasi Adalah : Jenis jenis dan Contoh Rehabilitasi

Pemimpin Adalah : Tugas, Fungsi, Contoh Serta Perbedaan Pemimpin dan Kepemimpinan

Primitif Adalah : Primitif Teknologi dan Ciri Masyarakat Primitif

Related posts: