Marketing Plan Adalah

Posted on

Adalah.Co.Id – Marketing Plan atau rencana pemasaran adalah bentuk dari proses manajemen yang mengarah ke strategi pemasaran di mana tujuan utamanya adalah untuk mencapai tujuan pemasaran, sehingga rencana pemasaran dilaksanakan dalam serangkaian langkah, proses sistematis dan keputusan koordinasi dibuat.

Istilah rencana pemasaran mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pelaku bisnis. Ini karena keahlian dalam mengembangkan rencana pemasaran sangat penting untuk keberhasilan tujuan bisnis yang menghasilkan laba paling besar.

Marketing-Plan-Adalah
Marketing Plan Adalah

Perusahaan yang dapat menerapkan perencanaan pemasaran yang baik dan strategis dapat menghasilkan laba yang efektif dan efisien. Ini termasuk rencana pemasaran dalam perekonomian, seperti mengumpulkan informasi, menyebarkan informasi, strategi periklanan, dan mengoordinasikan pemasaran. Semua komponen ini juga merupakan bentuk taktik bisnis untuk menggunakan sumber daya seefektif mungkin.

Pengertian Marketing Plan Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa itu marketing plan, Mari kita merujuk kepada ahlinya. Diantaranya adalah:

1. Kurowski dan Sussman

Menurut Kurowski & Sussman “sebuah dokumen yang terdiri dari analisis situasi pemasaran saat ini dalam bentuk analisis peluang dan risiko, tujuan pemasaran, strategi pemasaran, kemudian program aksi dan juga pendapatan yang diperkirakan / proforma”.

2. Malcom McDonald

Memahami marketing plan sebagai proses manajemen yang mengarah ke rencana pemasaran.
Rencana tersebut adalah urutan logis dan serangkaian kegiatan yang mengarah pada definisi tujuan pemasaran dan pembuatan rencana untuk mencapai tujuan.

Sekilas Tentang Marketing Plan

Seperti disebutkan sebelumnya, Marketing Plan adalah suatu bentuk perencanaan yang berkaitan dengan bagaimana perusahaan akan mengoperasikan pemasaran. Marketing Plan umumnya membantu dalam menentukan bagaimana perusahaan dapat mempraktikkan strategi pemasaran.

Topik utama dari Marketing Plan adalah departemen sumber daya manusia perusahaan. Ini karena Marketing Plan berperan dalam menentukan dan memastikan bagaimana sumber daya manusia perusahaan dapat melakukan apa yang direncanakan. Untuk membangun pemasaran yang efektif, Anda harus menetapkan tujuan yang jelas untuk mencapai sasaran strategis jangka panjang bisnis Anda.

Misalnya, jika Anda memiliki target pelanggan tertentu, rencana pemasaran harus mengarah ke tujuan itu. Marketing Plan juga mencakup masa tenggang dan persetujuan atas anggaran pemasaran untuk diprioritaskan.

Langkah – langkah Menyusun Marketing Plan

1. Melakukan Analisis Situasi

Salah satu komponen pertama dalam membuat rencana pemasaran adalah analisis SWOT. Dengan analisis SWOT manajer pemasaran perusahaan dapat mengetahui peluang dan masalah apa yang dapat muncul di pasar dan kekuatan dan kelemahan apa yang dimiliki perusahaan dalam mencapai tujuan pemasarannya.

2. Menetapkan Tujuan dan Sasaran

Setelah melakukan analisis SWOT rencana atau sasaran pemasaran ditetapkan dalam rencana pemasaran. Misalnya siapa yang butuh produk dan di mana produk itu harus dipasarkan.

Jika mereka tahu bagaimana pemasaran dilakukan, mereka dapat mengembangkan strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Strategi pemasaran itu penting karena meminimalkan anggaran dan upaya untuk promosi, tetapi dengan laba maksimum.

3. Menyusun Strategi dan Program

Strategi dan program didasarkan pada tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Strategi ini adalah tindakan jangka panjang dan dikembangkan sebagai rencana jangka panjang untuk mencapai tujuan organisasi. Dan untuk mendukung strategi ini, program jangka pendek atau tindakan jangka pendek dilakukan.

Jadi rencana pemasaran adalah bentuk perencanaan bisnis yang dilakukan dengan pemasaran untuk menentukan bagaimana perusahaan dapat menerapkan strategi pemasaran dalam praktik. Ini berarti bahwa perusahaan yang tidak bekerja dengan baik mengalami kesulitan bergerak ke arah perubahan pasar. Akibatnya, manfaat yang dicapai tidak optimal.

Manfaat Marketing Plan

Membuat Marketing Plan secara terperinci adalah hal terpenting untuk bisnis. Pemasaran sama pentingnya dengan produk atau layanan. Berikut ini manfaat Marketing Plan:

  1. Koordinasi kegiatan pemasaran dapat lebih baik dicapai
  2. Dapat mengidentifikasi tingkat pengembangan perusahaan
  3. Menjadi referensi untuk bagaimana bisnis perlu berubah
  4. Bisa menjadi alat untuk menghindari konflik tentang cara perusahaan bergerak
  5. Sebagai sumber informasi tentang cara membuat atau memperbarui kebijakan perusahaan
  6. Menjadi referensi bagi manajer untuk bergerak dan bahkan berpikir lebih sistematis
  7. Marketing Plan menawarkan manfaat tambahan untuk bisnis
  8. Memberikan kejelasan tentang siapa target pasar Anda sehingga Anda dapat menemukan pelanggan dan pelanggan lebih mudah jika Anda tahu siapa mereka.
  9. Membantu membuat pesan pemasaran yang memberikan hasil. Pemasaran adalah tentang mengetahui apa yang dapat dilakukan produk atau layanan Anda untuk menciptakan target pasar Anda. Pesan dapat dibuat langsung dengan pasar.
  10. Menawarkan perhatian terkonsentrasi. E-mail, blog, media sosial, iklan, surat langsung, dll. Dengan cara ini, Anda memiliki banyak pilihan pemasaran yang tersedia dan Anda memerlukan rencana untuk menentukan tindakan komersial Anda.

Tujuan Marketing Plan

Banyak pengusaha membuat Marketing Plan dan karenanya tidak menggunakannya. Namun, Marketing Plan adalah peta jalan yang menyediakan panduan untuk mencapai tujuan bisnis perusahaan. Marketing Plan harus berfungsi sebagai referensi dan dievaluasi secara teratur.

Tujuannya marketing plan antara lain yaitu:

  1. Mengetahui dan mereproduksi informasi tentang perubahan pasar dan persaingan
  2. Membangun hubungan dan jaringan yang lebih luas dengan organisasi lain
  3. Sebagai bentuk kustomisasi bisnis
  4. Meningkatkan keuntungan Anda dengan bisnis yang efisien dan efektif.

Sekian artikel tentang Marketing Plan ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>