Pengorganisasian Adalah

Posted on

Adalah.Co.Id – Pengorganisasian adalah fungsi kedua dalam manajemen dan organisasi didefinisikan sebagai proses pengorganisasian struktur organisasi sesuai dengan tujuan, sumber daya dan lingkungannya. Hasil dari Pengorganisasian adalah struktur organisasi.

Pengorganisasian adalah langkah menuju mengidentifikasi, mengklasifikasikan dan mengatur berbagai kegiatan yang terlihat. Misalnya, bentuk fisik yang cocok untuk area kerja administratif, area laboratorium, dan penugasan tugas dan wewenang kepada seseorang yang mendelegasikan kekuasaan, dll. Yang bertujuan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Pengorganisasian-Adalah
Pengorganisasian Adalah

Pengorganisasian atau organizing adalah proses mengidentifikasi, mengelompokkan, mengorganisir, dan membangun model hubungan kerja orang untuk mencapai tujuan organisasi. Menurut Schermerhorn (1996: 218), Pengorganisasian adalah proses mengatur orang dan sumber daya lain untuk mencapai tujuan bersama.

Dalam organisasi, persiapan struktur organisasi sangat penting sehingga setiap orang dalam organisasi mengetahui tugas atau tanggung jawab, tugas, hak dan wewenang mereka dengan tepat.

Tujuan Pengorganisasian

Tujuan Pengorganisasian adalah agar pembagian kerja dapat dilakukan dengan penuh tanggung jawab. Pembagian tugas diharapkan dapat meningkatkan keterampilan masing-masing anggota organisasi (spesialisasi) dalam mengelola tugas yang ditugaskan. Jika organisasi dijalankan dengan kejam dan tidak sesuai dengan bidang keahliannya, bukan tidak mungkin akan menyebabkan kesalahan dalam pelaksanaan pekerjaan.

Berikut ini adalah beberapa tujuan dari pengorganisasian:

1. Membantu Koordinasi

Tetapkan unit kerja secara terkoordinasi sehingga tujuan organisasi dapat dicapai dengan mudah dan efektif. Diperlukan koordinasi ketika memisahkan unit kerja yang terpisah dan bukan dari jenis yang sama tetapi merupakan bagian dari suatu organisasi.

2. Memperlancar Pengawasan

Dukung pengawasan dengan menunjuk anggota manajer yang kompeten di setiap unit organisasi. Oleh karena itu, sebuah unit dapat ditempatkan di seluruh organisasi sedemikian rupa sehingga tujuan kerjanya tercapai bahkan di posisi yang berbeda. Unit kontrol yang identik dapat diintegrasikan dalam sistem pemantauan terintegrasi yang identik.

3. Maksimalisasi Manfaat Spesialisasi

Membantu seseorang menjadi lebih berpengalaman dalam profesi tertentu. Spesialisasi ahli memungkinkan produk berkualitas tinggi untuk diproduksi sehingga manfaat produk memastikan kepuasan dan memenangkan kepercayaan dari komunitas pengguna.

4. Penghematan Biaya

Pertimbangan tentang peningkatan efisiensi. Oleh karena itu, para pelaku organisasi akan berhati-hati setiap kali mereka menambahkan unit kerja baru yang juga mencakup penambahan tenaga kerja yang membutuhkan jumlah tambahan upah yang relatif besar. Penambahan unit kerja harus dipertimbangkan berdasarkan pada nilai kontribusi pekerja baru untuk menekan upah yang berlebihan.

5. Meningkatkan Kerukunan Hubungan Antar Manusia

Setiap karyawan di antara unit-unit kerja dapat bekerja secara komplementer, mengurangi kebosanan, mempromosikan perasaan saling menderita dan mengurangi pendekatan materialistis. Untuk melakukan ini, manajer harus mampu mempertahankan pendekatan sosial dengan menyampaikan rasa solidaritas dan berusaha memuaskan dan menyelesaikan perbedaan individu.

Prinsip Pengorganisasian

Untuk menjalankan fungsi organisasi secara efektif, seorang manajer harus memiliki beberapa pedoman sehingga ia dapat membuat keputusan dan bertindak sesuai dengan keputusan yang dibuat. Berikut ini adalah prinsip-prinsip Pengorganisasian yang dapat digunakan untuk secara efektif melakukan fungsi organisasi dalam manajemen.

1. Prinsip Spesialisasi kerja (Work Specialization)

Prinsip ini sering disebut sebagai prinsip pembagian kerja, ada juga yang menyebutnya Division of Labour dan yang dimaksud dengan spesialisasi pekerjaan adalah pembagian tugas atau pekerjaan kompleks menjadi sub-sub pekerjaan yang berbeda atau bagian untuk pembagian kerja mereka. Setiap karyawan dilatih untuk melakukan tugas-tugas tertentu yang berkaitan dengan spesialisasi mereka untuk memiliki kualifikasi dan keterampilan yang terkait dengan tugas-tugas yang ditugaskan.

Keuntungan dari spesialisasi atau pembagian kerja ini adalah untuk meningkatkan produktivitas dan menyelesaikan pekerjaan secara efisien, karena setiap karyawan melakukan pekerjaan yang sama setiap hari sehingga kecepatan dan kualitas pekerjaan tetap terjaga. Di sisi lain, ketergantungan organisasi pada karyawan ini akan sangat tinggi dan juga menyebabkan kebosanan dengan pekerjaan rutin dan berulang yang sama.

Kebosanan karyawan pada akhirnya menyebabkan tingginya tingkat ketidakhadiran (absensi) dan tingkat fluktuasi yang tinggi. Oleh karena itu, banyak perusahaan / organisasi berganti pekerjaan untuk mengurangi ketergantungan pada orang-orang tertentu dan untuk menghindari kebosanan dengan rutinitas dan pengulangan yang sama.

2. Prinsip Otoritas (Authority)

Otoritas atau wewenang adalah hak untuk melakukan sesuatu, untuk membuat keputusan, untuk memerintahkan orang lain, untuk melakukan sesuatu dan hak untuk mengalokasikan sumber daya atas nama organisasi untuk mencapai tujuan organisasi.

Berdasarkan prinsip ini, semua fungsi, tugas, wewenang dan hubungan antara manajer dan bawahan harus ditentukan dan didefinisikan dengan jelas. Mengklasifikasikan laporan dan tanggung jawab pemerintah dapat membantu organisasi mencapai koordinasi yang lebih baik dan lebih efektif.

3. Prinsip Rantai Komando (Chain of Command)

Rantai komando adalah konsep penting untuk membangun struktur organisasi yang solid. Rantai komando atau Chain of Command dapat diartikan sebagai garis wewenang terus-menerus yang membentang dari puncak manajemen ke level terendah dari karyawan dan menjelaskan siapa yang harus bertanggung jawab dan siapa yang harus melapor. Dalam praktiknya, dapat dikatakan bahwa rantai komando adalah aliran hubungan. Misalnya, operator produksi harus melapor ke manajer produksi, manajer produksi harus melapor ke manajer produksi, kemudian manajer produksi harus melapor kepada direktur dan manajer produksi harus melapor ke manajer operasi.

Tanggung jawab dan garis wewenang yang tidak terputus ini didasarkan pada dua prinsip penting yaitu unit komando dan rantai skalar. Berdasarkan prinsip unit komando, karyawan hanya dapat menerima pesanan dari manajer dan hanya bertanggung jawab untuk satu manajer. Ketika terlalu banyak eksekutif mengeluarkan perintah, karyawan yang terkena kesulitan untuk membedakan antara prioritas. Ini juga menyebabkan kebingungan dan tidak fokus pada tugas yang diberikan.

Sedangkan rantai skalar adalah garis otoritas vertikal dari atas ke bawah. Setiap karyawan harus menyadari posisi mereka dalam hierarki organisasi. Garis otoritas ini menunjukkan otoritas dan tanggung jawabnya.

4. Prinsip Pendelegasian Wewenang (Delegation)

Delegasi kekuasaan adalah salah satu hal terpenting dalam organisasi. Tanpa pendelegasian wewenang, seorang manajer harus melakukan semua pekerjaan sendirian. Keberhasilan seorang manajer pada dasarnya tergantung pada kemampuannya untuk mendelegasikan wewenang dan bekerja untuk bawahannya.

Delegasi kekuasaan dapat diartikan oleh seorang manajer sebagai kekuatan pendelegasian kepada bawahannya untuk melakukan sesuatu atau sebagai kekuatan untuk membuat keputusan.

5. Prinsip Rentang Kendali (Span of Control)

Rentang Kendali atau sering juga disebut margin manajemen adalah jumlah karyawan atau bawahan yang dapat dikontrol secara efektif oleh atasan atau bos yang ditunjuk dapat menjadi atasan atau manajer.

Area kontrol ini sangat penting untuk mengetahui desain dan dinamika grup dalam organisasi yang bersangkutan. Area kontrol dalam unit kerja (departemen) juga dapat berbeda dari unit kerja lain dalam organisasi yang sama. Tidak ada angka pasti atau jumlah kontrol atas area ini karena setiap organisasi memiliki desain dan bentuk yang berbeda. Selain itu, pengalaman dan kepribadian manajer, serta keterampilan dan perilaku bawahan, memengaruhi kendali ini.

Area kontrol yang sempit memudahkan manajer untuk memonitor bawahannya dan memfasilitasi komunikasi dengan bawahannya, sementara area kontrol yang luas dapat menawarkan kesempatan lebih banyak kepada bawahan dan melatih bawahan yang lebih mandiri / independen.

Tahapan Pengorganisasian

1. Tahap Kreatifitas

  • Orientasi menuju keterampilan operasional dan kewirausahaan
  • Organisasi ini berfokus pada produksi dan pemasaran
  • Jenis komunikasi non-formal
  • Jam kerja yang relatif panjang dengan bonus yang lebih banyak
  • Kegiatan organisasi dikelola berdasarkan umpan balik pada kondisi pasar atau reaksi konsumen.

2. Tahap Pengarahan

  • Organisasi fungsional memisahkan produksi dan pemasaran
  • Penentuan karyawan didasarkan pada spesialisasi
  • Pengiriman produksi dan pembelian dikendalikan oleh sistem akuntansi yang baik
  • Standar beban kerja, sistem insentif dan persiapan anggaran telah diadopsi
  • Komunikasi menjadi semakin formal sesuai dengan hierarki posisi
  • Fungsi kepemimpinan mulai memainkan peran pada tahap ini.

3. Tahap Pendelegasian

  • Tanggung jawab karyawan meningkat
  • Pusat laba dan bonus sebagai sarana meningkatkan motivasi karyawan
  • Komunikasi antara atasan dan bawahan semakin langka melalui media surat, surat edaran, buletin atau bentuk komunikasi tertulis, yang semakin banyak digunakan
  • Moral karyawan meningkat dengan delegasi
  • Promosikan perluasan pasar sehingga karyawan dapat menilai kebutuhan pelanggan dengan lebih baik.

4. Tahap Koordinasi

  • Fungsi perencanaan digunakan secara formal dan selalu direvisi
  • Kegiatan organisasi produktif
  • Staf penelitian dan pengawas dipekerjakan untuk memperkuat kantor pusat
  • Biaya dihitung dengan cermat
  • Unit operasional akan menjadi pusat pendapatan secara ekonomi. Pemrosesan data biasanya terpusat untuk membuat proses pengambilan keputusan lebih mudah dan lebih cepat.

Proses Fungsi Pengorganisasian

Fungsi Pengorganisasian dilakukan dalam beberapa fase. Tidak bisa langsung di tunjuk. Berikut adalah proses-proses fungsu pengorganisasian:

1. Mangacu pada Rencana dan Tujuan Manajemen

Proses organisasi dalam manajemen dimulai dari rencana dan tujuan. Yang disatukan sebelumnya. Dan jangan lupa bahwa fungsi organisasi ini adalah pelaksanaan rencana dan tujuan yang diinginkan sebelumnya.

Fase ini adalah fase pertama dalam implementasi rencana manajemen. Desain fungsi organisasi dipengaruhi dan disesuaikan dengan perencanaan. Arah organisasi ditentukan di sini. Setiap karyawan harus memahami tujuan manajemen. Tanpa pengecualian. Jadi arahnya benar. Bekerja dengan efektif. Ini bertujuan agar biaya yang dikeluarkan rendah.

2. Menentukan Tugas Utama

Rencana dan tujuan telah tercapai. Inilah saatnya mengidentifikasi dan menentukan tugas-tugas utama organisasi. Manajemen memiliki banyak tingkatan dan memiliki subbagian. Perusahaan memiliki manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasional. Dan manajer sekunder lainnya. Di tingkat lain atau tingkat manajemen.

Dalam fase ini, tugas utama dari setiap bagian manajemen ditentukan. Tugas yang ditentukan berbeda. Ditentukan oleh bidang yang membangun struktur perusahaan. Jadi garisnya jelas, otoritas Anda jelas dan tanggung jawabnya juga jelas.

3. Membagi Tugas kepada Individu

Fase ini sangat penting. Eksekutif rencana itu adalah seorang individu. Keberhasilan Anda ditentukan oleh orang yang mengelolanya. Kesalahan identifikasi orang Risiko kebangkrutan lebih besar. Anda harus berhati-hati di bagian ini.

Setiap karya harus dipresentasikan kepada para ahli yang memiliki rekam jejak yang diperlukan dan juga pengalamannya. Dari pekerjaan besar ke pekerjaan kecil harus dilakukan oleh orang yang tepat. Jangan menyerah sampai Anda bertaruh. Fungsi organisasi Ini juga berarti pendelegasian kekuasaan. Bagi orang yang dianggap mampu menyelesaikan tugas yang ditugaskan.

4. Mengalokasikan Sumber Daya

Tugas sudah ditentukan, orangnya juga sudah di tunjuk. Sekarang adalah waktu untuk mengalokasikan sumber daya perusahaan. Untuk dimanfaatkan, digunakan, dan menawarkan manfaat semaksimal mungkin.

Semuanya ditugaskan secara tepat dan menawarkan manfaat bisnis Lakukan apapun, terserah. Yang penting sesuai dengan perencanaan, yang penting sesuai dengan kegiatan, yang penting bisa menghasilkan. Dan mereka yang menggunakan sumber daya adalah karyawan individu yang disebutkan di atas.

5. Evaluasi Strategi Pengorganisasian

Evaluasi adalah langkah terakhir. Akankah strategi organisasi berjalan sesuai rencana? Apakah ada penyimpangan? Apakah ada perubahan? Atau apakah strategi organisasi dikembangkan langsung pada penyebab masalah?

Ini adalah titik evaluasi. Lihatlah apa yang terjadi lagi dan mengantisipasi apa yang akan terjadi dan semua hal buruk bisa terjadi. Terkadang tanpa alasan tiba-tiba situasinya berubah, dramatis, sesuatu yang belum dipikirkan sebelumnya. Yang berarti mengatur strategi tidak cocok atau bisa disebut gagal.

Prosedur Dalam Proses Pengorganisasian

  1. Rincian semua pekerjaan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi.
  2. Pembagian total beban kerja menjadi kegiatan yang secara logis dapat dilakukan oleh satu orang. Pembagian kerja seharusnya tidak terlalu sulit untuk tidak diselesaikan atau terlalu mudah untuk menyisakan waktu untuk pengangguran, tidak efisien dan biaya yang tidak perlu.
  3. Akuisisi dan pengembangan mekanisme untuk mengoordinasikan pekerjaan anggota organisasi dalam unit yang terintegrasi dan harmonis. Mekanisme koordinasi ini akan mengingatkan anggota organisasi tentang tujuan organisasi dan mengurangi ketidakefisienan dan konflik destruktif.

Manfaat Fungsi Pengorganisasian

Fungsi organisasi harus dilakukan karena banyak Manfaatnya. Berikut adalah manfaat dari fungsi Pengorganisasian:

  1. Fasilitasi koordinasi antara para pihak dalam kelompok
  2. Pembagian tugas sesuai dengan kondisi perusahaan saat ini
  3. Semua orang tahu apa yang sedang dilakukan
  4. Sederhanakan pemantauan
  5. Maksimalkan manfaat spesialisasi
  6. Efisiensi biaya
  7. Hubungan antar individu menjadi lebih harmonis.

Pengorganisasian sebagai Salah satu Fungsi Manajemen

Kita tentu perlu mempelajari fungsi manajemen lainnya. Salah satu fungsi manajemen adalah untuk mengetahui bahwa organisasi adalah salah satu fungsi manajemen yang paling penting, karena pengorganisasian berarti bahwa semua sumber daya yang tersedia dalam organisasi diintegrasikan dalam bentuk sumber daya manusia dan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan.

pentingnya organisasi sebagai fungsi yang dilakukan oleh setiap manajer atau orang yang mengelolanya di setiap organisasi. untuk membuat organisasi ketika mereka mencapai tujuan mereka.

Memahami organisasi sebagai salah satu fungsi manajemen akan mengklarifikasi bahwa proses pengaturan dalam organisasi tidak akan selesai tanpa implementasi dalam bentuk orientasi terhadap orang-orang dalam organisasi sehingga dapat terus melakukan kegiatan sesuai dengan tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Sekian artikel tentang pengorganisasian ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>