Reklame Adalah

Posted on

Adalah.Co.Id – Reklame adalah sarana atau alat untuk menyampaikan informasi, menawarkan, mempromosikan, dan menghadirkan produk atau layanan kepada publik menggunakan gambar dan kata-kata yang menarik.

Pandangan lain mengatakan bahwa memahami reklame adalah media visual yang menggunakan gambar dan tulisan yang dirancang untuk menyampaikan pesan tertentu kepada publik. Pembuatan billboard bertujuan untuk memberikan informasi menarik tentang artikel, layanan, atau hal lain kepada publik.

Secara etimologis, kata “reklame” diambil dari bahasa Spanyol yang berarti “reklamasi” yang berarti panggilan yang berulang. Dengan kata lain, pentingnya reklame adalah untuk berulang kali meminta orang lain untuk mengikuti konten reklame.

Reklame-Adalah
Reklame Adalah

Sebenarnya iklan dengan reklame berbeda. Persamaannya adalah keduanya memiliki fungsi dan tujuan yang hampir sama. Perbedaannya adalah bahwa jika iklan umumnya dalam bentuk kalimat panjang, beberapa bahkan dalam bentuk artikel, sedangkan reklame hanya dalam bentuk kalimat pendek disertai dengan gambar yang mencolok.

Sebagai aturan, iklan ditempatkan di media cetak (koran dan majalah) dan di media elektronik (televisi, radio, film, internet). Sedangkan reklame biasanya dipasang dengan papan, spanduk, poster, selebaran, baliho, baliho, brosur dan ruang terbuka atau publik.

Pengertian Reklame Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian reklame menurut beberapa para ahli:

1. Barata (1988: 210)

Menurut Barata (1988: 210), reklame adalah kegiatan yang bertujuan untuk memberikan informasi atau gagasan barang atau jasa untuk menarik perhatian orang pada gagasan, barang atau jasa tentang informasi yang disediakan.

2. Panji (1990: 120)

Pengertian reklame menurut Panji (1990: 120) adalah setiap kegiatan yang bertujuan memperkenalkan artikel atau layanan, atau hal-hal lain untuk menarik perhatian publik secara umum.

Jenis dan Contoh Reklame

Reklame dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis-jenis reklame tersebut adalah sebagai berikut:

1. Berdasarkan Tujuan Pengadaan

  • Reklame Komersial, adalah jenis iklan komersial di mana tujuannya adalah untuk menghasilkan lebih banyak keuntungan. misalnya Poster, spanduk, baliho dan banyak lagi.
  • Reklame Non-Komersial, adalah jenis papan iklan yang ditujukan untuk penggunaan umum, misalnya banding, informasi layanan publik, dan lainnya. misalnya Poster donor darah, poster pajak, poster tata tertip, dan lainnya.

2. Berdasarkan Sifatnya

  • Reklame Peringatan, jenis reklame yang mengingatkan orang untuk melakukan hal-hal tertentu. misalnya tanda jalan yang rapi.
  • Reklame Penerangan, yaitu jenis reklame yang memberikan informasi kepada publik. misalnya reklame kesehatan.
  • Reklame Ajakan/ Permintaan, yaitu jenis reklame yang diundang atau yang mendorong publik untuk mengikuti undangan / permintaan. misalnya reklame untuk donor darah, reklame untuk bantuan bencana alam.

3. Berdasarkan Tempat Pemasangan

  • Reklame Indoor, yaitu reklame yang dipasang di dalam ruangan. Biasanya reklame internal atau kecil dengan bahan kertas. misalnya Label, brosur, selebaran.
  • Reklame Outdoor, yaitu poster yang ditempatkan di luar ruangan dan terkena sinar matahari. Secara umum, reklame luar ruangan berukuran besar dan terbuat dari bahan yang tahan air dan tahan sinar matahari. misalnya Spanduk, tanda dan poster.

4. Berdasarkan Media

  • Reklame Audio, adalah papan iklan yang datang langsung dan tidak langsung dengan barang tersebut. misalnya Radio iklan.
  • Reklame Visual, yaitu papan iklan yang disajikan dalam bentuk visual atau gambar. misalnya Iklan, poster, spanduk, brosur, selebaran, tanda dan megatron lainnya.
  • Reklame Audio-Visual, Ini berarti bahwa papan iklan disediakan dalam bentuk gambar dan suara. misalnya Iklan TV dan iklan YouTube.

Syarat-syarat Reklame

Reklame mempunyai beberapa syarat yang harus dipenuhi. Syarat tersebut yaitu:

  1. Mencolok, ini berarti bahwa papan iklan harus terlihat mengejutkan sehingga dapat dengan mudah dilihat oleh publik. Reklame ditandai dengan ukuran, posisi, warna, font atau gambar.
  2. Jelas, tepat dan mudah dimengerti dalam arti bahwa kata-kata atau kalimat yang digunakan harus jelas, tepat dan mudah dipahami oleh masyarakat luas.
  3. Menarik, ini berarti bahwa papan iklan harus menarik perhatian penonton yang melihatnya. Untuk alasan ini, gambar, warna, dan bahasa yang mudah diingat dapat diberikan kepada semua orang.
  4. Jujur, ini berarti bahwa reklame harus mengandung pesan yang benar dan jujur ​​(tidak menipu).
  5. Dilakukan berulang-ulang, tujuannya adalah memasang papan iklan berulang kali. Jika Anda melakukan ini hanya sekali (Di koran, majalah, dan radio), tidak semua orang akan melihat atau mendengar apa pun dari satu instalasi. Jika pemasangan dilakukan hanya sekali, yang dapat dijangkau sejak lama harus dipilih, misalnya pemasangan reklame dan spanduk di lokasi yang strategis.

Perbedaa Antara Reklame dengan Iklan

1. Reklame

Reklame berupa kalimat singkat, tulisan, gambar mencolok.
Medianya: Papan reklame, spanduk, poster (dipasang di tempat terbuka).

2. Iklan

Iklan berupa kalimat, bisa panjang bahkan ada yang berupa artikel.
Medianya : media cetak (koran ,majalah) dan media elektronik (televisi, radio, film).

Fungsi Reklame

Pada dasarnya, fungsi reklame yaitu sebagai media informasi untuk memberikan informasi atau iklan kepada masyarakat umum. Berikut beberapa fungsi dari reklame:

  1. Informasi publik tentang suatu merek, produk atau layanan.
  2. Mempengaruhi dan mengundang masyarakat untuk membeli atau menggunakan produk atau layanan.
  3. Memberikan kesan positif pada masyarakat produk atau layanan.
  4. Memberikan kepuasan konsumen.
  5. Menjadi alat komunikasi atau media antara penjual dan pembeli potensial.

Ciri-ciri Reklame

Reklame memiliki ciri khusus yang membedakannya dari media periklanan lainnya. Ciri-ciri reklame adalah sebagai berikut:

  1. Singkat, jelas, dan mudah dimengerti. Secara umum, reklame menggunakan kalimat pendek dan jelas yang mudah dipahami publik.
  2. Menarik dan mengejutkan. Untuk menarik perhatian publik, reklame umumnya dibuat dengan komposisi desain dan warna yang mengejutkan.
  3. Jujur. Dalam hal ini pesan yang dikirim dalam iklan harus jujur dan tidak boleh dibuat-buat.
  4. Berulang kali dilakukan. Sesuai pengertianya, reklame biasanya disampaikan secara berulang-ulang sehingga pesan yang di sampaikan mudah dimengerti oleh masyarakat.

Langkah-Langkah Membuat Reklame

Berikut ini adalah beberapa cara membuat reklame yang harus diperhatikan:

1. Siapkan Bahan dan Alat

Sebelum kita membuat reklame, kita harus menyiapkan bahan dan alat terlebih dahulu. bahan dan alat tersebut bisa berupa cat, kertas atau kain, spanduk, media, cetakan dll.

2. Komposisi

Setelah Anda menyiapkan bahan dan alat, atur komposisi. Komposisi adalah bentuk susunan benda atau objek.

3. Gambar Bentuk Objek Reklame

Gambar bentuk objek atau iklan yang ingin Anda buat.

4. Pewarnaan

Langkah terakhir dalam membuat reklame adalah mewarnainya. Reklame yang baik harus dapat menarik minat orang untuk menyampaikan pesan. Untuk hal ini kita perlu memilih warna yang menonjol dan dapat menarik perhatian banyak orang.

Prinsip Menggambar Reklame

Prinsip-prinsip untuk menggambar sebuah reklame yaitu sebagai berikut:

1. Komunikatif

Komunikatif adalah komunikasi antara dua pihak, yaitu produsen dan konsumen.

2. Komposisi

Komposisi adalah posisi gambar dari bentuk suatu objek atau adanya penataan suatu objek.

3. Kesatuan

Kesatuan adalah saling mendukung dan saling melengkapi satu sama lain.

4. Menjadi Pusat Perhatian

Pusat perhatian memiliki elemen yang dominan dan diciptakan oleh warna dan kontras.

5. Huruf Reklame

Bentuk dasar dari reklame dapat dibagi sebagai berikut.

  • Huruf Sanserif, yaitu disebut huruf gundul atau huruf yang terdiri dari huruf besar dan kecil.
  • Huruf Serif, yaitu huruf yang dirayakan adalah huruf yang proporsinya berbeda dengan proporsi dan bentuk huruf standar lainnya.
  • Spasi huruf adalah jarak antara huruf yang harus sesuai dan seimbang.

Sekian artikel tentang reklame ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>