RPL Adalah : Materi, Kriteria, Tujuan dan Ruang Lingkup RPL

Posted on

Adalah.Co.Id – Rekayasa Perangkat Lunak atau RPL adalah suatu perubahan perangkat lunak yang berfungsi untuk melakukan pengembangan, pemeliharaan, dan pembangunan kembali menggunakan prinsip-prinsip desain untuk menyediakan perangkat lunak yang bekerja lebih efisien dan efektif pada pengguna.

Definisi lain dari rekayasa perangkat lunak yaitu suatu disiplin ilmu yang mempraktekkan teori-teori dasar bidang tertentu untuk perangkat lunak yang dapat digunakan sebagai alat untuk memecahkan masalah dan membuat keputusan.

Kemudian definisi dari perangkat lunak sendiri atau yang biasa disebut software adalah program yang berada di komputer yang berfungsi sebagai alat interaksi pengguna-perangkat keras dengan perangkat keras lainnya.

Lebih daripada itu juga biasa disebut sebagai “penerjemah” perintah yang diberikan oleh pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras.

Dalam Wikipedia Rekayasa Perangkat Lunak merupakan bidang profesi yang mendalami cara-cara peluang pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, pengelolaan organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

RPL-Adalah
RPL Adalah

Di negara Indonesia, RPL merupakan suatu disiplin ilmu yang pembelajarannya dimulai sejak SMK hingga tingkat Perguruan Tinggi. Pada tingkat SMK, jurusan in telah mempunyai kurikulum materi pelajaran sendiri yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan.

RPL biasanya membahas tentang materi seperti Bahasa Pemrograman, Desain Web, Pengetahuan mengenai Undang-Undang HAKI dan ITE dan lain sebagainya, sesuai dengan sekolah dan kurikulum di setiap tahunnya.

Materi RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)

Ketika mempelajari RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), anda akan dihadapkan pada berbagai macam materi pembelajaran. Materi-materi rekayasa perangkat lunak yang akan anda pelajari adalah:

  1. Kualitas perangkat lunak. Materi ini membahas hal-hal yang dapat menentukan kualitas perangkat lunak yang dikembangkan.
  2. Rekayasa kebutuhan. Materi ini merujuk pada teknik untuk persyaratan perangkat lunak. Anda akan belajar bagaimana menentukan hal-hal yang dibutuhkan oleh perangkat lunak untuk dikembangkan.
  3. Manajemen proyek. Materi ini membahas manajemen proyek pengembangan perangkat lunak. Anda akan menerima materi tentang pemangku kepentingan yang perlu berada dalam proyek pengembangan perangkat lunak dan peran masing-masing. Anda juga belajar mengkompilasi tonggak proyek dan jadwal proyek.
  4. Pengujian perangkat lunak. Bahan ini menjelaskan metode untuk menguji suatu perangkat lunak. Anda juga akan belajar betapa pentingnya pengujian perangkat lunak.
  5. Perangkat lunak jaminan kualitas. Materi ini membahas pertanyaan yang menjamin kualitas perangkat lunak.
  6. Pengembangan perangkat lunak terdistribusi. Materi ini membahas pengembangan perangkat lunak terdistribusi. Anda akan membahas jenis-jenis perangkat lunak yang didistribusikan dan pengembangannya.
  7. Pemeliharaan perangkat lunak. Bahan ini merujuk pada alasan pemeliharaan perangkat lunak. Materi ini juga berisi hal-hal yang perlu diingat ketika melayani perangkat lunak.
  8. Perangkat lunak desain dan pemodelan. Dalam materi ini Anda akan mempelajari model desain yang dapat digunakan saat merancang perangkat lunak. Anda juga akan belajar diagram untuk perangkat lunak pemodelan.

Kriteria Dalam Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Terdapat beberapa kriteria dalam perangkat lunak yang antara lain yakni sebagai berikut:

  1. Dapat dirawat terus menerus dan juga dipelihara atau maintainability
  2. Dapat melacak evolusi dunia teknologi dan keandalan
  3. Dapat mengikuti kehendak pengguna atau (Rebust)
  4. Efektif dan efisien dalam penggunaan dan pemanfaatan energi
  5. Dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan (usability).

Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Pada umumnya tidak ada perbedaan dengan bidang rekayasa yang lain, Dapat ditafsirkan apakah teknik mesin selalu berusaha untuk mencapai kinerja tinggi, biaya rendah dan waktu siklus yang benar.

Pada penjelasan dibawah ini akan diterangkan secara lebih detail apa yang menjadi tujuan RPL, yaitu:

  1. Mendapatkan biaya pembuatan perangkat lunak yang kecil
  2. Membuat perangkat lunak dengan kinerja tinggi, keandalan, dan ketepatan waktu.
  3. Membuat perangkat lunak yang berfungsi pada semua jenis platform
  4. Menghasilkan perangkat lunak dengan biaya perawatan yang terjangkau.

Ruang Lingkup Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Sedangkan ruang lingkup perangkat lunak antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Software Requirement yaitu perangkat lunak berkaitan dengan spesifikasi persyaratan dan juga persyaratan perangkat lunak
  2. Software desain adalah perangkat lunak mencakup proses penampilan arsitektur, komponen, antar-MKA dan fitur perangkat lunak lainnya
  3. Software Construction adalah perangkat lunak mengacu pada rincian pengembangan perangkat lunak, termasuk algoritma, pengkodean, pengujian, dan kesalahan penemuan
  4. Software testing adalah perangkat lunak yang melibatkan pengujian perilaku keseluruhan perangkat lunak
  5. Software maintanance adalah perangkat lunak pemeliharaan mencakup semua jenis perawatan saat perangkat lunak dioperasikan atau digunakan
  6. Software configuration management adalah perangkat lunak mengacu pada semua jenis perusahaan yang mengubah konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi persyaratan tertentu
  7. Software engineering management adalah perangkat lunak mengacu pada manajemen dan pengukuran RPL termasuk perencanaan proyek perangkat lunak
  8. Software engineering tools and methods adalah perangkat lunak meliputi studi teoritis alat dan metode RPL.

Sekian artikel tentang RPL ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>

Related posts: