Senam Aerobik Adalah

Posted on

Adalah.Co.Id – Senam memang sangat populer di kalangan masyarakat luas untuk mengisi waktu olahraga pagi, dan banyak orang di seluruh dunia menghargai senam ini.

Aerobik ini dapat didefinisikan sebagai latihan yang menggunakan oksigen. Setiap gerakan pada jenis senam ini bertujuan untuk meningkatkan oksigen yang kemudian masuk ke dalam tubuh.

Seperti yang kita ketahui, oksigen memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan dan dalam proses pembakaran atau dalam proses metabolisme dalam tubuh.

Senam Aerobik Adalah

Senam-Aerobik-Adalah

Senam Aerobik adalah jenis latihan di mana denyut jantung dan laju pernapasan meningkat dengan cepat selama sesi olahraga. Aerobik dikenal sebagai cardio, suatu olahraga di mana oksigen perlu dikirim ke otot-otot yang bekerja.

Oksigen yang dimaksud diperoleh dari jantung melalui darah dan dipasok. Oleh karena itu, baik pernapasan dan detak jantung biasanya meningkat dengan cepat selama aktivitas aerobik.

Ingat Anda harus membedakannya dari latihan anaerob. Anaerob adalah latihan tanpa suplai oksigen, di mana Anda terengah-engah dan sekaligus memicu ledakan energi yang cepat. Latihan ini berumur pendek tetapi intensitasnya tinggi. Latihan aerobik juga bisa menjadi anaerob jika intensitas latihan terlalu tinggi.

Berlari sangat cepat dan mengangkat beban berat adalah contoh pelatihan anaerob. Berbagai kegiatan yang termasuk dalam latihan aerobik adalah latihan lantai, jalan cepat, berenang, berlari, bersepeda, zumba, kick boxing dan lompat tali.

Pengertian Senam Aerobik menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian senam aerobik menurut para ahli:

1. Federation International Gymnastique

Menurut FIG Senam aerobik adalah kemampuan untuk melakukan gerakan yang kompleks dan terus menerus yang mengikuti pola gerakan dengan intensitas tinggi.

Dengan gerakan terus menerus dan menunjukkan kekuatan, fleksibilitas. Dan yang terakhir adalah menggunakan tujuh langkah dasar dan menyelesaikan kesulitan elemen bergerak yang dilakukan dengan sempurna.

2. Dr. Kenneth Cooper

Menurut Dr. Kenneth Cooper senam aerobik adalah kegiatan yang menggerakkan bagian tubuh dan memaksa tubuh untuk meningkatkan sistemnya. Selain membutuhkan lebih banyak oksigen, ada baiknya memperpanjang waktu di gym. Aerobik sendiri dapat meningkatkan detak jantung dan memompa oksigen karena gerakan teratur Anda dan menggunakan konsep irama musik.

3. Marta Dinata

Menurut Marta Dinata senam aerobik adalah serangkaian gerakan yang sengaja dilakukan. Dipilih sesuai dengan irama musik yang dipilih untuk membuat irama, kesinambungan dan pengaturan permanen tertentu.

Aerobik adalah pengaturan gabungan dari serangkaian gerakan dengan irama sadar musik. Sangat berguna untuk menunjukkan keharmonisan antara gerakan dan musik untuk mencapai tujuan tertentu.

4. Jackie Sorensens

Menurut Jackie Sorensens dari Amerika Serikat. Senam aerobik adalah kebugaran yang sangat lengkap atau latihan fisik.

Sejarah Senam Aerobik

Senam aerobik ini berasal dari Amerika Serikat yang berdiri pada tahun 1970-an. Dan senam ini baru datang ke Indonesia setelah 10 tahun, tepatnya tahun 80-an.

Awalnya, senam ini paling dikenal oleh orang Indonesia sebagai kegiatan kebugaran dan rekreasi. Dan seiring waktu. Latihan ini ditunjukkan dalam satu atau beberapa acara. Apa yang merupakan permainan individu antara pria dan wanita pada waktu itu yang berlangsung secara nasional atau internasional.

Dan pada saat itu aerobik masih disebut phytoerobic. Dan itu mulai digantikan dengan nama aerobik di tahun 90-an. Karena perkembangan senam itu sendiri semakin cepat dan semakin banyak organisasi untuk senam aerobik terus tumbuh.

Karena popularitas latihan aerobik yang terus meningkat. Ada berbagai kategori seperti trio dan pasangan. Dan aturan latihan ini terus diperbarui seiring dengan meningkatnya teknik dan perkembangan fisik atlet. Kemudian sebuah organisasi bernama International Aerobics Federation (IAF) didirikan. Ini adalah asosiasi yang menyelenggarakan semacam olahraga aerobik di Tokyo, Jepang.

Kabar baik datang pada 1995. Karena aerobik sendiri diakui oleh International Gymnastique Federation yang kemudian menjadi tuan rumah kejuaraan olahraga aerobik pertama di Paris. Sebelumnya, senam dibayangi oleh FIG (Federation International Gymnastics), tetapi hanya oleh olahraga dan senam ritmik artistik.

Pada saat itu, negara Indonesia, khususnya Persatuan Senam Indonesia (PERSANI), segera menyelenggarakan pelatihan otomatis untuk para atlet yang akan berpartisipasi dalam kompetisi senam. Tentu ada konsekuensinya. Jika semua kegiatan yang dilakukan harus sesuai dengan referensi FIG (Federation International Gymnastique). Seperti pusat, juga dikenal sebagai kode titik.

Setiap empat tahun komisi untuk teknologi olahraga aerobik mengevaluasi dan jika ada hal-hal yang tidak mendukung dan ada kemungkinan hal ini terjadi.

Pada tahun 2000 senam aerobik terbentuk dengan tampil sebagai salah satu olahraga kontroversial di PON (Pekan Olahraga Nasional) XV di Surabaya. Karena senam aerobik tidak memerlukan ukuran tubuh atau informasi lainnya. Jadikan Indonesia peluang besar untuk memenangkan juara dunia.

Kemudian pada tahun 2005, nama sports aerobics diubah menjadi aerobics gymnastic. Peraturan juga telah berubah dengan nomor kualifikasi kontroversial yang berbeda. Yang terdiri dari lajang (hanya), pasangan, trio dan bahkan kelompok. Pengembangan aerobik sendiri dimulai pada tahun 2000.

Fakta bahwa kami menonton senam aerobik ini untuk pertama kalinya termasuk dalam acara ke 15 pekan olahraga nasional. Hotel ini terletak di kota Surabaya.

Dan sejak itu, Senam ini telah memiliki banyak penggemar dari berbagai negara di Indonesia. Senam semacam ini sangat diminati tidak hanya dari Indonesia, tetapi juga dari luar negeri. Selain itu, gerakan yang dilakukan sangat sederhana dan memiliki banyak keuntungan untuk membuat tubuh sehat dan bugar.

Cara Melakukan Senam Aerobik dengan Benar

Sebuah studi ini menemukan bahwa latihan aerobik dilakukan dalam jangka waktu yang lama tetapi lebih jarang kurang menguntungkan daripada apa yang dilakukan dalam waktu yang lebih pendek tetapi lebih sering. Tetapi yang paling penting adalah melakukan aerobik sebagai bagian dari kehidupan dan gaya hidup sehari-hari.

Namun, senam aerobik yang berlebihan tidak baik untuk tubuh Anda. Selain itu, senam aerobik yang dilakukan terlalu sering dapat menyebabkan berbagai gejala seperti kelelahan, gangguan tidur dan jantung berdebar.

Ketika Anda bergabung dengan pusat kebugaran, pelatihan Anda akan lebih langsung dengan bantuan seorang instruktur. Selain itu, karena banyak kolega yang suka berlatih, Anda tidak merasa sendirian ketika Anda mencapai tujuan kesehatan Anda. Bagi Anda yang tidak punya cukup waktu untuk pergi ke pusat kebugaran, aerobik juga bisa dilakukan di rumah.

Mulai pemanasan setidaknya selama enam menit. Pemanasan atau peregangan sebelum dan pendinginan setelah aerobik membantu mengurangi cedera dan meningkatkan kesediaan tubuh untuk bergerak.

Persiapan Senam Aerobik

Beberapa persiapan juga diperlukan untuk latihan aerobik, yaitu:

  1. Pakaian yang digunakan untuk kegiatan senam harus terbuat dari bahan yang bisa menyerap keringat, juga panas tubuh dan bahannya tidak kencang. Akan lebih baik jika Anda menggunakan pakaian olahraga.
  2. Untuk wanita, disarankan untuk memakai bra olahraga yang telah dikembangkan khusus untuk kegiatan olahraga agar merasa lebih tenang dan lebih nyaman selama aktivitas fisik.
  3. Sesuaikan sepatu olahraga yang akan dimainkan nanti. Anda harus menggunakan sepatu joging atau sepatu lari untuk senam. Penggunaan alas kaki yang tebal dan kemudian memberikan kenyamanan dan melindungi tulang kaki dari kemungkinan cedera.
  4. Untuk wanita, Anda bisa mengenakan sepatu kulit atau tali pergelangan tangan untuk meningkatkan penampilan Anda.
  5. Penting juga membawa handuk dan air minum yang cukup sebelum pergi ke senam aerobik.
  6. Siapkan CD dengan lagu-lagu yang akan digunakan untuk mengiringi gerakan senam.

Tahap-Tahap Melakukan Senam Aerobik

  1. Panaskan selama 10 menit
  2. Latihan dasar dengan durasi 15-20 menit
  3. Pendinginan atau rileks selama 5 menit.

Gejala Fisik Selama Latihan Senam Aerobik

  1. Napas pendek karena pemanasan yang tidak mencukupi
  2. Mual dan muntah, kunang-kunang, jantung berdebar karena jumlah gerakan atau gerakan yang terlalu tinggi
  3. Gangguan tidur akibat pergerakan atau kurang dari 3 jam tidur.

Takaran Latihan Senam Aerobik

Untuk mencapai hasil maksimal dalam hal kebugaran fisik, pelatihan kebugaran harus dilakukan secara teratur dan intensif. Dan bahkan dengan jumlah yang cukup, tujuannya adalah:

  1. Intensitas latihan dapat dibaca dari denyut nadi. Jika Anda telah mencapai 40 tahun di atas denyut jantung awal 125 / menit, denyut jantung akhir harus 153 / menit setelah latihan atau tidak melebihi latihan. Jika 15-17 tahun, denyut jantung awal adalah 143 / menit, jadi denyut jantung tidak boleh melebihi 174 / menit setelah latihan atau pelatihan.
  2. Durasi latihan minimal 15 menit.
  3. Frekuensi pelatihan adalah 3 hari seminggu atau 5 hari seminggu.

Manfaat Senam Aerobik

Setiap olahraga tentunya memiliki keunggulan umum, yaitu menjaga kebugaran fisik. Tetapi setiap olahraga pasti memiliki kelebihan spesifiknya jika dipraktikkan secara rutin. Berikut adalah 15 manfaat melakukan senam aerobik bila mana dilakukan secara rutin:

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat pertama senam aerobik adalah penurunan berat badan. Senam ini adalah latihan yang efektif untuk mengurangi berat badan karena menggerakkan seluruh tubuh dan berlangsung dalam waktu yang relatif lama. Senam aerobik yang dilakukan secara rutin dalam kombinasi dengan nutrisi yang tepat dapat mengurangi berat badan lebih efektif.

2. Menurunkan Kolesterol

Manfaat kedua senam aerobik adalah dapat menurunkan kolesterol. Senam aerobik meningkatkan kerja jantung, sehingga lebih banyak oksigen mengalir ke seluruh tubuh. Tentunya, ini bisa mempercepat sirkulasi darah sehingga kolesterol jahat tidak menumpuk di pembuluh darah.

3. Mengurangi Risiko Darah Tinggi

Aliran darah yang baik dan aliran oksigen dalam tubuh tidak hanya bisa menurunkan kolesterol, tetapi juga mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Baik kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi adalah penyakit yang harus diwaspadai karena mereka dapat memicu penyakit berbahaya lainnya.

4. Meningkatkan Fungsi Jantung

Manfaat selanjutnya dari senam aerobik adalah meningkatkan fungsi jantung. Seperti yang telah disebutkan, aerobik digunakan untuk meningkatkan denyut jantung. Jika Anda berolahraga jantung secara teratur dengan aerobik, irama jantung bisa menjadi lebih stabil.

5. Mengurangi Stres

Senam aerobik juga dapat mengurangi stres dan membuat Anda lebih bahagia. Ketika Anda melakukan senam aerobik, tubuh Anda menghasilkan endorfin yang dapat membuat Anda lebih bahagia. Senam aerobik juga telah terbukti meningkatkan kepercayaan diri dan fungsi otak, sehingga mengurangi kemungkinan depresi.

6. Menjaga Kesehatan Otot

Gerakan dalam senam aerobik dilakukan dengan melatih otot-otot tubuh. Jadi latihan aerobik jelas memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan otot. Aliran darah yang lebih teratur dan pasokan oksigen yang teratur ke otot juga membantu otot untuk menghindari asam laktat.

7. Melatih Tulang dan Sendi

Tidak hanya otot yang sehat, tetapi senam aerobik juga dapat melatih tulang dan sendi. Tulang dan sendi menjadi lebih rapuh seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, kita harus rajin melatih otot dan persendian sejak usia muda agar menjadi lebih kuat, termasuk senam aerobik.

8. Awet Muda

Manfaat berikutnya dari senam aerobik adalah dapat membuat Anda terlihat lebih muda. Senam aerobik yang teratur dapat membantu membuat kulit Anda lebih kencang dan lebih cantik, sehingga Anda bisa terlihat lebih muda.

9. Menjaga Sistem Pernapasan

Orang yang jarang berolahraga lebih cenderung kehabisan napas daripada orang yang berolahraga secara teratur. Senam aerobik yang teratur juga bagus untuk latihan pernapasan, sehingga Anda tidak kehabisan napas setiap kali melakukan aktivitas.

10. Mencegah Berbagai Penyakit Kronis

Manfaat selanjutnya dari senam aerobik adalah mencegah berbagai penyakit kronis. Seperti disebutkan sebelumnya, senam aerobik dapat menurunkan kolesterol dan mencegah tekanan darah tinggi. Ini artinya Anda juga bisa terhindar dari berbagai penyakit berbahaya seperti gagal jantung dan stroke.

11. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Senam aerobik tidak hanya menghindari penyakit kronis, tetapi juga meningkatkan kekebalan tubuh. Ketika Anda memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, Anda tidak mudah diserang oleh berbagai virus dan bakteri, sehingga Anda tidak mudah sakit.

12. Meningkatkan Stamina

Meskipun olahraga melambat, olahraga teratur pasti dapat meningkatkan daya tahan Anda, seperti halnya latihan senam aerobik. Senam aerobik dapat meningkatkan daya tahan dan membuat Anda lebih produktif dan tidak mudah lelah saat bepergian.

13. Panjang Umur

Satu studi mengatakan bahwa orang yang berolahraga secara teratur akan memiliki umur yang lebih panjang. Mempertimbangkan manfaat dari senam aerobik yang disebutkan dalam poin-poin sebelumnya, Anda tidak perlu heran jika disimpulkan bahwa senam aerobik berpotensi untuk memperpanjang hidup. Menjaga kesehatan benar-benar salah satu kunci kehidupan yang lebih panjang.

14. Memperlancar Proses Persalinan

Bagi Anda yang sedang hamil, tampaknya latihan aerobik rutin dapat melatih kekuatan dan elastisitas otot perut dan vagina sehingga kontraksi bekerja lebih lancar. Untuk melindungi kehamilan Anda, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum senam aerobik dan mengambil bagian dalam kelas aerobik khusus untuk wanita hamil.

15. Mengontrol Kadar Gula dalam Tubuh

Senam aerobik memiliki gerakan energik dan dapat membakar kalori dengan cepat. Gula adalah sumber kalori, sehingga senam aerobik dapat membantu menyeimbangkan kadar gula. Sebuah studi yang dilakukan oleh Louisiana State University menunjukkan bahwa peserta yang melakukan senam aerobik dan memiliki beban glukosa yang sangat tinggi mengalami penurunan dengan kadar HbA1 turun dari 7,7% menjadi 7,3%.

Jenis-jenis Senam Aerobik

Seperti yang disebutkan sebelumnya, senam aerobik menggunakan irama musik untuk mengiringi gerakannya. Irama musik ini hanya berfungsi sebagai panduan untuk gerakan senam, motivator dan juga sebagai antusiasme untuk senam.

Tergantung pada jenis musik yang menyertainya dan instrumen yang digunakan, latihan aerobik dapat dibagi menjadi:

  1. High Impact Aerobics adalah senam aerobik yang dilakukan menggunakan gerakan kuat dan keras.
  2. Low Impact Aerobics adalah latihan aerobik yang dilakukan dengan gerakan aliran cahaya.
  3. Discorobic adalah latihan aerobik yang dilakukan dengan kombinasi beberapa gerakan aerobik dengan aliran keras. Dan dikombinasikan dengan sedikit gerakan aerobik.
  4. Rockrobic adalah senam aerobik yang dicapai dengan menggabungkan beberapa gerakan aerobik ringan dan gerakan rock’n’roll.
  5. Aerobic Sport adalah latihan aerobik yang dicapai dengan menggabungkan beberapa gerakan intens dengan gerakan ringan dan beberapa gerakan.
  6. Aerobic Dance adalah senam aerobik yang berlangsung dengan kombinasi bentuk tarian yang indah.
  7. Aerobik dengan Alat adalah senam aerobik dilakukan dengan perangkat seperti bangku, kursi, tongkat, tali, pita, atau bola. Penggunaan alat ini berfungsi untuk meningkatkan variasi, intensitas, dan bahkan volume pelatihan.

Sekian artikel tentang Senam Aerobik ini semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua, Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya >>>