Transmisi Adalah : Jenis, Fungsi dan Komponennya

Posted on

Adalah.Co.Id – Sistem transmisi dalam industri otomotif adalah sistem yang memungkinkan konversi torsi dan kecepatan (rotasi) dari motor menjadi torsi dan berbagai kecepatan yang diteruskan ke final drive. Sebagai hasil dari konversi ini, kecepatan rotasi tinggi menjadi lebih rendah, tetapi lebih efisien atau sebaliknya.

Torsi tertinggi dari suatu mesin umumnya terjadi di tengah batas kecepatan engine yang diijinkan, sedangkan kendaraan memerlukan torsi tertinggi saat start up. Selain itu, kendaraan yang berkendara di jalan curam membutuhkan torsi lebih besar daripada kendaraan yang mengemudi di jalan horisontal. Kendaraan yang mengemudi pada kecepatan rendah membutuhkan torsi lebih tinggi daripada kecepatan tinggi. Dalam kondisi operasi yang berbeda ini, sistem transmisi diperlukan agar mesin dapat memenuhi kebutuhan daya.

Transmisi diperlukan karena mesin pembakaran internal, yang umumnya digunakan dalam mobil, adalah mesin pembakaran internal yang menghasilkan putaran antara 600 dan 6000 rpm. Sementara itu, roda berputar pada kecepatan antara 0 dan 2500 rpm.

Transmisi-Adalah
Transmisi Adalah

Saat ini ada dua sistem transmisi yang umum, yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis. Ada juga sistem transmisi yang merupakan kombinasi dari kedua sistem. Namun, ini adalah perkembangan terbaru yang hanya dapat ditemukan pada mobil berteknologi tinggi dan merek tertentu. Tetapi dibawah ini akan dijabarkan lebih luas jenis-jenis transmisi yang ada.

Jenis-jenis Transmisi

Karena kita tahu jenis transmisi apa yang tersedia, kita tentu saja dapat memilih gearbox yang sesuai dengan kebutuhan kita, termasuk anggaran, ketika membeli mobil, karena harga mobil gearbox otomatis biasanya lebih mahal. Dan berikut adalah beberapa jenis transmisi yang perlu Anda ketahui.

Jenis Sliding Mesh

Jenis gearbox pertama adalah sliding mesh, dengan cara ini prinsip kerjanya cukup sederhana, yaitu dengan hanya menggeser persneling untuk dapat mengatur percepatan output. Dan secara umum, dalam unit roda gigi geser, ada sejumlah komponen yang memanjang dari roda gigi input dan memiliki fungsi memutar roda gigi konter secara permanen.

Baca Juga : Electronic Control Unit (ECU) Adalah : Fungsi dan Prinsip Kerja Pada Kendaraan

Dan untuk melibatkan gigi pertama, kita harus menggeser gigi persneling pada kecepatan satu, yang tertarik dengan gigi kawin yang ada. Kerugian dari sistem transmisi ini adalah bahwa proses transmisi tidak terlalu mulus, karena sangat sulit pada kondisi pemintalan tinggi, untuk menghubungkan kedua roda gigi dengan rotasi yang berbeda, itulah sebabnya mengapa jenis transmisi ini tidak lagi digunakan.

Jenis Constant Mesh

Konstruksi tipe gigi kedua, yaitu Constant Mesh, masih merupakan tipe sliding mesh. Dalam jenis ini hanya kopling gigi tetap (konstan) yang digunakan. Saat menggunakan gir tetap, gir keluaran dapat dihubungkan ke poros keluaran hanya melalui kopling, yang sering disebut dalam cangkang hub.

Untuk cara kerjanya, dapat dikatakan bahwa ini cukup rumit karena poros input, ketika mesin sedang berjalan, langsung memutar gigi tandingan sehingga selalu terhubung ke gigi keluaran. Jumlah roda gigi keluaran itu sendiri tergantung pada jumlah roda gigi. Jika transmisi memiliki 5 tahap percepatan, ada 5 bagian transmisi.

Dan roda gigi keluaran mengapung dengan proses keluaran, sehingga poros keluaran tidak berputar ketika roda gigi keluaran berputar. Ini sering disebut sebagai posisi netral. Dan untuk menghubungkannya, ada cangkang hub yang bisa menggerakkan kendaraan maju dan mundur. Dan fungsi hub shell itu sendiri adalah untuk membentuk pengait antara poros output transmisi dan output gear.

Jenis Syncron Mesh

Dan tipe transmisi pada mobil berikutnya adalah transmisi sinkron Tupe. Jenis transmisi saat ini menggunakan banyak kendaraan manual karena diyakini dapat memberikan perpindahan gigi yang lebih mulus. Operasi dan struktur persis sama dengan tipe di atas, kecuali bahwa ada komponen tambahan pada hub kopling, yang merupakan komponen dalam hubungan antara shell hub dan gigi keluaran.

Baca Juga : Perubahan Kimia Adalah : Contoh Perubahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-hari Beserta Ciri-cirinya

Komponen-komponen ini adalah penyinkronkan cincin, yang berfungsi untuk menyeimbangkan cangkang hub dan rotasi gir keluaran sebelum disambungkan atau dihubungkan. Bentuk komponen ini terbuat dari tembaga dan memiliki ujung runcing yang digunakan sehingga hub slave dapat dicocokkan secara akurat dengan gigi keluaran. Cara kerjanya: Saat shell hub mendekati gear output, pertama kali terhubung ke cincin sinkronisasi. Cincin sinkronisasi kemudian menyamakan rotasi gigi keluaran dan cangkang hub.

Jenis Automatic Gear Shift

Bahkan, mode transmisi terakhir pada dasarnya tidak berbeda dari tiga jenis yang disebutkan di atas, hanya saja cara kerjanya sangat berbeda. Transmisi otomatis atau otomatis mana yang menggunakan metode penggantian gigi otomatis, masih ada kecepatan 1,2 dan seterusnya. Proses switching, bagaimanapun, terjadi secara otomatis. Siapa yang memindahkannya? Tipe kontrol ini atau TCM (Modul Kontrol Transmisi) adalah komponen yang objeknya memindahkan roda gigi melalui tuas magnetik sebagai aktuator.

Dan meskipun bekerja secara otomatis, gearbox ini sebenarnya juga dilengkapi dengan tuas persneling yang dapat digunakan untuk posisi Netral, Park, Drive, Reverse, dan M. Posisi mana dalam transmisi-D (mengemudi) yang bekerja secara otomatis, tetapi jika kita memposisikan pada modem-M, kita dapat menggeser kecepatan transmisi dengan tombol di dekat tuas transmisi. Dan tentu saja, tidak ada kopling pada tipe transmisi ini.

Jenis CVT

Ini adalah mode transmisi terakhir sebelum kita mulai memahami arti transmisi yang mungkin perlu Anda ketahui. Pada tipe transmisi ini seseorang dapat mengatakan bahwa itu masih tipe Matic, kecuali bahwa rangkaiannya variabel sesuai dengan nama CVT (Countinously Variable Transmission), yang membutuhkan dua roda gigi berdiameter variabel yang dihubungkan oleh sabuk.

Baca Juga : ROM Adalah : Fungsi, Cara Kerja, dan Perbedaannya dengan RAM

Dan pada transmisi jenis ini disebut gear drive dan output gear. Karena diameter dua gigi selalu berseberangan, diameter roda gigi yang digerakkan besar ketika diameter roda gigi plunger kecil, di mana kecepatan mesin menurun dan torsi juga meningkat. Dengan meningkatnya diameter roda gigi penggerak, diameter roda gigi yang digerakkan berkurang, sehingga rotasi output masih sebanding dengan input dari motor.

Fungsi Transmisi

Setelah Anda mengetahui jenis transmisi dan pentingnya transmisi, kami juga ingin menjelaskan fungsi transmisi pada kendaraan yang mungkin masih dari Anda yang tidak memahaminya. Oke, simak saja penjelasan di bawah ini mengenai fungsi transmisi kendaraan.

  1. Memungkinkan kendaraan berada dalam posisi netral (berhenti), tetapi mesin masih hidup atau mati
  2. Memungkinkan kendaraan berjalan mundur sesuai kebutuhan kita
  3. Mengubah momen yang diproduksi oleh mesin sesuai dengan kebutuhan kita
  4. Transmisi tenaga dan putaran engine dari kopling ke poros baling-baling

Komponen Transmisi Manual

Jika Anda sudah bisa memahami pentingnya gearbox dan juga fungsi gearbox, giliran kami untuk mengetahui juga komponen gearbox yang tersedia dalam tipe manual. Lihat komponennya sebagai berikut.

  1. Poros input transmisi: Komponen ini adalah poros yang, bersama-sama dengan kopling, memutar gigi dalam transmisi
  2. Gear Transmisi: Komponen ini digunakan untuk mengubah output daya dari engine ke gaya torsi sesuai kebutuhan
  3. Penyesuaian Transmisi: Komponen ini memiliki tugas untuk memindahkan transmisi saat mesin sedang berjalan, sehingga kami dapat mengatur transmisi sesuai keinginan kami sehingga tuas shift digerakkan
  4. Garpu Pemindah: Selanjutnya, komponen ini menggerakkan roda gigi di sekitar sumbunya sehingga roda gigi dapat dengan mudah dipasang dan dipindahkan sesuai keinginan kita sebagai pengemudi
  5. Tuas Penghubung: Komponen ini adalah jenis tuas batang yang menghubungkan tuas shift dan garpu shift
  6. Tuas Pemindah Persneling: Seperti dijelaskan dalam definisi transmisi di atas, ada satu komponen yang disebut Steering Lever. Tuas ini adalah komponen yang bertanggung jawab dan memungkinkan kami selama pengemudi dapat menggeser persneling sesuai dengan kondisi kami saat mengemudi.
  7. Body Gear: Komponen ini adalah tempat bantalan dan poros gearbox berada. Tidak hanya itu, komponen ini juga digunakan untuk tangki penyimpanan oli transmisi untuk penyimpanan oli transmisi
  8. Output Shaft: Komponen ini memiliki indikator poros yang dapat mentransfer torsi dari sistem transmisi ke gigi terakhir
  9. Bantalan: Selain itu, ada komponen yang disebut bantalan. Komponen ini berfungsi untuk mengurangi gesekan pada sistem transmisi
  10. Roda Konter: Komponen ini adalah komponen yang sangat penting karena harus menghasilkan torsi dari roda gigi input ke roda gigi kecepatan
  11. Terbalik: Ini adalah bagian yang dapat mengubah arah rotasi poros poros untuk memungkinkan mobil bergerak
  12. Hub Slave: Merupakan titik penguncian untuk penyesuaian gearbox sehingga poros output dapat berputar dan berhenti
  13. Speedometer Gear: Komponen ini menggerakkan kabel untuk mengukur kecepatan rotasi mobil yang digerakkan

Itulah penjelasan yang cukup terperinci tentang sistem transmisi, dimulai dengan pengertian transmisi, jenis transmisi, fungsi transmisi dan juga komponen transmisi manual.

Related posts: